Tips untuk Motor Ketika Terobos Banjir

Thursday, February 12th, 2015 - Tips dan Trik Motor

Tips untuk Motor Ketika Terobos Banjir -Banjir Jakarta sudah membuat banyak motor mogok. Diler utama sepeda motor Honda terbesar di Jakarta, Astra Motor, menurunkan beberapa motor bengkel kelilingnya ke titik banjir untuk membantu sepeda motor yang mogok.

“Di saat banjir seperti ini, sebagai diler sepeda motor Honda, kami bisa membantu masyarakat dengan menggelar servis gratis seperti ini,” ungkap Departemen Head Technical Service Astra Motor, Hadijanto Santoso.

Menurutnya, masalah terbanyak yang dialami motor yang mogok. Hal ini disebabkan karena air masuk sampai mesin atau air membasahi busi.

Karena itu, tim Astra Motor Jakarta segera membantu masyarakat membongkar mesin, membersihkannya, sehingga sepeda motor Hondanya bisa segera digunakan lagi.

Tim Technical Service Astra Motor pun memberikan beberapa tips, jika sepeda motor Anda terpaksa harus melewati genangan air atau banjir.

  1. Perhatikan ketinggian air yang akan dilewati. Jika ketinggian air mencapai kurang lebih 30 cm atau posisi knalpot (untuk tipe cub & sport) dan saringan udara (untuk tipe matic) sudah terendam air, segera matikan mesin sepeda motor untuk mencegah air masuk ke dalam ruang bakar.
  2. Bawa kendaraan Anda dalam keadaan mesin mati ke daerah yang tidak tergenang air.
  3. Jangan langsung nyalakan mesin.
  4. Untuk tipe matic buka cover saringan udara lalu kick starter, namun jika pada saat dilakukan kick starter terasa keras, motor jangan dihidupkan karena ada potensi air sudah masuk ke ruang bakar.
  5. Buka busi lalu lakukan starter (disarankan dengan kick starter) untuk mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke ruang bakar.
  6. Pastikan tidak ada air yang keluar lubang busi.
  7. Pasang saringan udara (jika kondisi saringan udara basah, jangan dipasang).
  8. Pasang busi kemudian coba nyalakan kembali sepeda motor Anda.

Kata Kunci :

cara mengecek mesin motor kalau sudah terobos banjir
Tips untuk Motor Ketika Terobos Banjir | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs