6 Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri

Sunday, February 14th, 2016 - Kesehatan

Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi SendiriBacaJuga.com berikut akan share beberapa Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri. Membuat makanan bayi sendiri bisa jadi alternatif terbaik untuk bunda. Saat ini memang sudah banyak dipasarkan produk makanan bayi. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko atau supermarket terdekat. Namun karena kandungan zat gizi yang kompleks, produk tersebut cukup mahal.

Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri

Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri

Di sisi lain tak semua bunda bisa terus-menerus membeli produk makanan bayi itu. Solusinya ialah Anda bisa membuat makanan sendiri yang sehat, memenuhi kebutuhan gizi si kecil dan pastinya lebih hemat. Cara membuatnya cukup mudah asal tahu bahan utama yang harus diolah.

Nah buat bunda yang balitanya menginjak usia 6 bulan, yuk buat makanan bayi buatan sendiri. Jika Anda bisa memberikan variasi makanan sehat, si kecil bisa lebih lahap dan terhindar dari mogok makan. Ingat, bayi juga bisa bosan dengan makanannya.

Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri

Bahan-bahan yang bisa diolah untuk membuat makanan bayi sendiri ialah labu, sayuran hijau, buah-buahan, lentil, brokoli, plum dan sebagainya. Namun, sebelum mempraktikkannya bunda perlu tahu tips aman membuat makanan bayi sendiri. Di antaranya:

a. Utamakan Higienitas dan Pastikan Semua Persiapan Memasak Bersih

Bayi masih rentan terhadap kuman dan penyakit. Jadi saat akan memasak sendiri di rumah persiapkan peralatan bersih. Begitu juga dengan kondisi konter dapur, alat-alat untuk memotong dan bahan yang akan diolah. Bersihkan dulu semua kotoran sebelum mulai memasak.

b. Sesuaikan Bahan Makanan dengna Usia dan Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Beda usia beda juga kebutuhan makanan untuk bayi. Ketika buah hati menginjak usia 6 bulan, ia sudah bisa mencoba makanan pendamping ASI. Teksturnya harus lembut dan mudah dicerna seperti bubur, pisang dan sebagainya. Memasuki usia 1 tahun, jenis makanan bisa lebih bervariasi. Namun pastikan tekturnya tetap lembut karena sistem pencernaan belum sempurna.

c. Pelajari Kandungan Gizi pada Makanan yang Dibutuhkan Bayi – Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri

Di waktu senggang, bunda bisa menyempatkan diri untuk menambah informsi dan belajar hal baru. Cari tahu jenis-jenis makanan yang cocok untuk buah hati Anda, apa saja kandungan gizinya, cara tepat mengolahnya dan tips-tips menarik lainnya. Informasi mudah didapat lewat majalah khusus ibu dan bayi, buku panduan atau internet.

d. Cara Tepat Mengolah Makanan

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ialah pengolahan bahan makanan bayi. Hindari cara digoreng dan sebaiknya makanan di kukus atau direbus. Beberapa makanan bahkan sudah sangat baik dengan cara dihaluskan saja, misal pisang.

e. Hindari Menambahkan Penyedap Rasa

Bunda perlu menghindari menambahkan MSG ketika membuat makanan bayi sendiri. Bumbu penyedap justru berbahaya untuk perkembangan buah hati Anda. Bila ingin menambahkan rasa dan tidak hambar, coba tambahkan sedikit garam untuk rasa asin. Atau menambahkan sari buah untuk memberikan rasa manis. Sari buah dan garam alami tentu jauh lebih baik ketimbang MSG.

f. Jangan Menyimpan Makanan Bayi Terlalu Lama

Bagi bunda yang super sibuk, biasanya akan menyetok persediaan makanan untuk beberapa waktu. Termasuk untuk buah hati yang biasanya disimpan di lemari pendingin. Hal ini sah-sah saja, tapi sebaiknya jangan menyimpan makanan bayi dalam jangka waktu lama. Idealnya, untuk makanan bentu puree paling lama disimpan selama 7 hari.

Nutrisi yang cukup dan asupan makanan tepat sangat penting untuk tumbuh kembang buah hati. Jadi bunda wajib memperhatikan kualitas makanan yang diberikan. Tak harus mahal, yang penting sehat dan tepat mengolahnya.

Baca Juga:

Nach itulah share kali ini mengenai beberapa Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri, semoga bermanfaat bagi keluarga sahabat.

Kata Kunci :

penyedap rasa buat bayi,buat bubur bayi sendiri yang sehat dan bikin bayi lahap
6 Tips Membuat Makanan Sehat untuk Bayi Sendiri | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs