Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap

Saturday, April 25th, 2015 - Hobi, Memancing

Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap – Memancing Ikan Kakap memang agak mudah, tapi cukup sulit bagi yang kurang paham tentang Ikan Kakap. Pasalnya ikan kakap adalah salah satu jenis ikan yang senang hidup secara berkelompok. Ikan ini biasanya memakan ikan kecil ataupun udang. Alhasil apabila seseorang berniat memancing ikan kakap, maka umpan-umpan tersebutlah yang biasanya digunakan.

Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap

Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap

Cara Memancing Ikan Kakap

Lantas apakah Anda sudah pernah mengetahui bagaimanakah bentuk ikan kakap itu? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka tidak ada salahnya jika Anda menyisihkan waktu luang untuk membaca artikel berikut ini. Secara struktur, umunya ikan kakap memiliki bentuk tubuhnya bulat pipih memanjang.

Selain itu juga ditandai dengan sirip di bagian punggung dan di bawah perut. Sirip juga terdapat di bagian dekat analnya. Ikan Kakap juga dikenal sebagai penguasa karang. Dengan dilengkapi gigi yang kuat, ikan kakap memanfaatkan kelebihan itu untuk menaklukan mangsanya.

Secara umum, ikan kakap sebetulnya sangat mudah untuk dipancing. Beberapa umpan bisa digunakan, untuk mancing ikan kakap ini. Umpan-umpan tersebut antara lain irisan cumi, udang hidup, ataupun irisan ikan. Namun dalam memanfaatkan irisan ikan atau cumi sebagai umpan, diusahakan menggunakan bahan yang belum layu.

Artikel terkait : Mengenal Umpan Memancing di Laut

Dalam cara memancing ikan kakap, para pemancing juga bisa memanfaatkan sabiki inchiku atau metal jig. Untuk tackle yang dipakai mancing ikan kakap, cukuplah sederhana. Piranti joran kelas 10 hingga 20lb, bisa digunakan. Selain itu line pe 2, lider monofilament 20 hingga 30lb, dan reel ukuran 2500-3000.

Sementara itu rangkaian mata pancing target ikan kakap, juga bisa dibilang sederhana. Pemancing bisa memanfaatkan 1 atau 2 mata kail, bahkan lebih jika memungkinkan. Pemanfaatan pemberat yang diletakan di bawah, menyesuaikan dengan kondisi arus laut.

Langkah selanjutnya untuk memancing ikan kakap, adalah pemilihan lokasi spot mancing. Pemancing bisa menggunakan fish finder (FF) dan GPS, untuk menentukan spot. Selain itu pemancing harus memiliki titik koordinat yang sudah ditentukan. Dalam koordinat tersebut, setidaknya terdapat spot yang menjadi sarang ikan kakap. Apabila pemancing tidak memiliki spot tersebut, maka ikan kakap pun sulit untuk didapatkan.

Menurut beberapa pengalaman para pemancing, ikan kakap biasanya menghuni di suatu rumpon bawah laut. Posisi itu dengan rata-rata kedalaman lebih dari 10 meter. Di awal sudah disinggung bahwa ikan kakap hidup bergerombol dengan kelompoknya. Karakter itu membuat ikan kakap mencari makan secara bergerombol.

Biasanya posisi pemimpin ikan kakap, berada di garda paling depan dalam suatu rombongan tersebut. Kecenderungannya pemimpin rombongan ikan kakap, adalah ikan yang berukuran lebih besar, dibanding dengan ikan kakap yang lain. Oleh karena itu jika seseorang memancing ikan kakap, kemungkinan pertama kali yang akan memakan umpan tersebut adalah pemimpin rombongan yang ukurannya paling besar.

Oleh karenanya, apabila seorang pemancing mendapatkan first strike, maka yang didapatkan adalah ikan kakap yang memiliki ukuran paling besar. Namun untuk strike selanjutnya, ikan kakap yang didapatkan berukuran lebih kecil dibandingikan yang pertama.

Alhasil, sangat disayangkan jika seorang pemancing mendapatkan first strike, namun ikan kakap tersebut harus kembali terlepas. Keadaan itu bisa menyebabkan pimpinan rombongan ikan kakap akan merasa sakit. Hal itu juga berdampak pada rombongan ikan kakap yang lainnya, menjadi bubar dan menjauh. Untuk mengembalikan kondisi rombongan ikan kakap agar berkumpul seperti semula lagi, cukup memakan waktu yang lama.

Tips memancing ikan kakap seperti yang dipaparkan di atas, secara umum berlaku untuk semua jenis ikan kakap. Semoga informasi mengenai cara memancing ikan kakap ini dapat bermanfaat bagi pemancing, khususnya para pemula yang ingin mendapatkan kepuasan first strike ikan kakap di laut bebas.

Demikianlah Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap, semoga dapat bermanfaat.

Kata Kunci :

ikan kakap,mancing ikan kakap,cara memainkan inchiku,rangkaian mancing kuro,sarang ikan kakap,ikan kakap besar,cara merakit pancing di kedalaman 20 meter,pe apa bisa buat mancing kakap,membuat rakitan ikan kakap,membuat metal jig sederhana
Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs