Tips Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Smartphone yang Asli dan Palsu

Tips Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Smartphone yang Asli dan Palsu – Kali ini BacaJuga.com akan berbagi info tentang tips cara mudah untuk membedakan charger smartphone yang asli dan palsu. Mengingat fungsi smartphone yang besar, maka daya tahan baterai yang menjadi nyawa sebuah smartphone pun memerlukan perhatian khusus. Salah satu aspek yang harus diperhatikan agar baterai smartphone berumur panjang yaitu kualitas charger.

Tips Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Smartphone yang Asli dan Palsu

Tips Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Smartphone yang Asli dan Palsu

Diketahui bahwa charger asli merupakan charger yang memang merupakan bawaan dari kemasan saat membeli smartphone. Jika ternyata charger bawaan rusak dan sahabat berniat membeli charger baru, hati-hati membeli charger palsu yang dibanderol dengan harga murah.

Meski akibat dari penggunaan charger palsu jarang dirasakan secara langsung, tapi dalam beberapa kasus ada yang bisa langsung terasa akibatnya. Misalnya charger bawaan yang dibekali teknologi fast charging, saat menggunakan charger palsu maka proses pengisiannya menjadi lambat. Karena pengisian yang lambat maka berakibat pada suhu smartphone yang meningkat dan memicu baterai kembung, hingga akhirnya rusak.

1. Bawa Adapter Charger Asli Saat Hendak Membeli Charger yang Baru

Saat sahabat hendak membeli charger baru, selalu bawa adapter charger smartphone kamu. Tujuannya untuk menyamakan desain hingga semua angka yang tertera di adapter-nya. Selain itu jangan lupa untuk menyamakan struktur (bentuk) dari port USB yang ada di adapter-nya. Jika sahabat jeli, maka sahabat akan menemukan perbedaan mencolok antara charger asli dan palsu.

Banyak perbedaan yang bisa dilihat di adapter charger asli dengan yang palsu. Dimulai dari desain, bentuk colokan (biasanya yang palsu lebih ramping tanpa detail), hingga warna tulisan.

2. Memanfaatkan Bantuan Aplikasi

Untuk mengecek keaslian charger yang sahabat beli, terutama pada smartphone samsung dan iPhone yang kian ramai dengan charger palsunya. Ampere adalah sebuah aplikasi yang akan menghitung besaran daya yang masuk ke smartphone saat di-charge. Makanya, untuk mengetahui apakah charger sahabat asli atau palsu, segera download APK Ampere.

Setelah Ampere ter-install, sahabat hanya perlu mulai melakukan pengisian ulang smartphone. Lalu lihat berapa tegangan dan arus yang masuk ke smartphone. Begitu hasilnya keluar, segera samakan dengan yang tertulis pada kepala adapter charger. Jika ternyata angka voltasenya beda jauh (di bawah setengah dari nilai voltase yang tertulis) maka sahabat wajib curiga bahwa itu palsu. Apalagi jika ternyata arus yang dihasilkan juga lemah.

3. Perhatikan Kabel USB Charger

Selain adapter charger, sahabat juga harus memperhatikan kabel USB bawaan smartphone kamu. Karena selain digunakan untuk mengisi ulang baterai, kabel USB smartphone juga bisa digunakan untuk transfer file dari smartphone ke komputer. Jika kabel USB yang sahabat beli ternyata palsu, selain tidak maksimal dalam mengisi ulang baterai, tentu akan mempengaruhi proses transfer file antara komputer dan smartphone kamu.

Untuk membedakan kabel USB yang asli dengan yang palsu, sahabat harus memperhatikan ketebalan serta panjang dari colokan USB-nya. Biasanya charger palsu dibekali dengan colokan USB yang lebih panjang dan tebal dengan warna yang lebih gelap.

4. Lakukan Beli di Toko Resmi

Seiring kemajuan teknologi, belanja pun semakin mudah, tinggal belanja online saja. Nah, cara untuk membedakan charger asli dan palsu yang disebutkan tadi tentu tidak bisa digunakan ketika berbelanja online. Untuk menghindari pembelian charger palsu, sebaiknya sahabat beli charger di tempat-tempat atau toko resmi. Beberapa toko resmi memiliki situs atau layanan online untuk belanja dengan jaminan barangnya asli dan menyediakan garansi.

5. Jangan Tertipu dengan Harga Charger

Bukan hanya untuk masalah charger, harga memang selalu jadi senjata yang ampuh untuk memikat konsumen. Jadilah pengguna smartphone yang cerdas dengan tidak mudah tergoda oleh harga charger yang lebih murah, namun menawarkan fitur wah. Perlu disadari bahwa banyak komponen di dalam charger yang seharusnya untuk safety, kestabilan dan daya tahan, dihilangkan untuk menekan harga jual suatu charger.

Itulah bagaimana Tips Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Smartphone yang Asli dan Palsu yang dapat kami share pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi pandangan bagi pribadi sebelum membeli sebuah Charger smartphone yang asli bukan yang palsu. [c.Jaka & s.Baca Juga]

Tips Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Smartphone yang Asli dan Palsu | Admin | 4.5
Leave a Reply