Tidur Tanpa Pakaian Lebih Menyehatkan

Thursday, February 12th, 2015 - Kesehatan

Tidur Tanpa Pakaian Lebih Menyehatkan – Mungkin udara malam terasa dingin, namun pernahkah Anda mencoba untuk tidur tanpa mengenakan pakaian? Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa melepas piyama saat tidur memberikan banyak manfaat.

Penelitian yang dilakukan oleh US National Sleep Foundation dan dikutip pada Kamis (12/2/2015) menemukan bahwa tidur dalam keadaan telanjang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidur tanpa mengenakan piyama di bawah selimut dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kedekatan hubungan dengan pasangan, dan membakar banyak kalori. Bahkan, penelitian itu menyebutkan bahwa kondisi tidur seperti itu dapat menangkal infeksi pada tubuh.

Para ahli setuju bahwa yang terpenting agar memiliki kualitas tidur yang baik adalah menjaga suhu tubuh tetap dingin. Mereka mengatakan suhu tubuh manusia akan makin menurun hingga setengah derajat setelah seseorang terlelap.

“Suhu inti manusia berada paling tinggi saat jam 11 malam dan terendah saat jam 4 dini hari,” ungkap dr Chris Idzikowski, Direktur Edinburgh Sleep Centre dan penulis dari Sound Asleep: The Expert Guide To Sleeping Well.

Menurutnya, jika sesuatu mencegah penurunan suhu tubuh, maka seseorang akan terstimulasi untuk terbangun. “Keuntungan dari tidur tanpa mengenakan pakaian akan mempermudah tubuh untuk mencapai dan menjaga suhu rendah. Di mana, suhu rendah inilah yang diinginkan oleh otak agar menjaga tidur tetap nyenyak,” ungkap penulis buku itu.

Suhu rendah ini akan meningkatkan penambahan jaringan brown fat yaitu sebuah jaringan di tubuh yang memungkinkan untuk mencegah penambahan berat badan. Berat badan yang stabil dapat mencegah obesitas sehingga risiko diabetes dapat dikurangi.

Jika Anda tidur dengan pasangan, tidur tanpa mengenakan piyama juga dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan hormon oksitosin. Hormon tersebut terbukti banyak memiliki manfaat kesehatan termasuk mengurangi tekanan darah.

“Hal ini dipicu oleh kedekatan khususnya skin-to-skin (kulit dengan kulit). Saraf sensorik pada kulit akan mengirimkan impuls ke otak untuk memicu pengeluaran hormon oksitosin,” ungkap dr Kerstin Uvnas-Moberg dari Swedish University of Agricultural Sciences.

Menurut psikolog dan juga ahli oksitosin itu, efek oksitosin dapat melindungi jantung karena menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kecemasan pada diri seseorang.

Sebuah studi telah menemukan 57 persen mereka yang tidur telanjang lebih bahagia dalam hubungannya, dibandingkan mereka yang tidur dengan piyama dan gaun tidur yaitu sebesar 48 persen dan 43 persen. Studi di Inggris terhadap 1.000 orang dewasa juga menemukan mereka yang tidur tanpa mengenakan pakaian, memiliki kehidupan cinta yang lebih bahagia.

Tidur Tanpa Pakaian Lebih Menyehatkan | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs