Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas

Monday, November 2nd, 2015 - Hobi, Memancing

Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas khusus bagi anda para penghobi memancing ikan mas. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan.

Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas

Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas

Memancing adalah kegiatan favorit yang saat ini tidak hanya dilakukan oleh para pria tapi juga oleh banyak wanita. Dengan memancing, kepuasan mendapatkan ikan bukan satu-satunya alasan, para pemancing juga bisa melepas penat dan stres setelah menjalani rutinitas dengan memancing. Kegiatan rekreasi ini juga tak selalu menuntut modal besar. Seseorang tidak harus ke laut lepas dan menyewa kapal untuk memancing, karena memancing di sungai, kolam, atau empang sekalipun tidak kalah mengasyikkan. Tentu saja, ikan-ikan air tawar adalah hasil tangkapan yang akan diperoleh. Ada banyak jenis ikan air tawar yang biasa dipancing dari empang, salah satunya adalah ikan mas.

Memancing ikan mas memberikan tantangan tersendiri bagi para mancing mania. Bagi pemula, memancing ikan air tawar ini mungkin akan sedikit membutuhkan kesabaran ekstra serta menggunakan trik- trik khusus yang biasa dilakukan oleh para pemancing ulung. Agar berhasil mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan, ada beberapa rahasia mancing ikan mas yang harus dipelajari dari mereka yang biasa memancing dan mendapatkan ikan mas dalam jumlah yang cukup memuaskan. Memilih umpan yang tepat, teknik memancing, serta pemilihan jenis pancing dan benangnya merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Membuat Umpan yang Digemari Ikan Mas

Agar hasil dari memancing ikan mas bisa lebih banyak, tentu saja cara membuat umpan adalah rahasia mancing ikan mas yang paling utama untuk Anda ketahui. Jika Anda berhasil membuat umpan yang digemari oleh si ikan, maka akan ada banyak ikan yang mendekati mata pancing Anda. Umpan putih adalah salah satu umpan kegemaran ikan mas yang juga bisa dibuat sendiri serta menjadi andalan bagi bagi pemancing. Siapapun bisa mencoba membuat umpan ini sebelum memancing dengan menyiapkan semua bahan dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam.
  • 3 sendok makan susu bubuk.
  • Kroto atau telur semut yang bisa Anda beli seharga Rp 5.000,-.
  • 1 bungkus kecil santan kelapa instan.
  • 1 sendok makan mentega wisman.
  • Essen tenggiri.
  • 2 helai daun pandan.
  • Kinoy wangi, untuk mengeraskan umpan.

Cara Membuat:

  • Campurkan telur, susu bubuk, dan santan di dalam satu wadah mangkok berukuran besar, kemudian aduk rata hingga tidak ada lagi susu bubuk yang menggumpal.
  • Masukkan telur semut atau kroto, aduk rata.
  • Masukkan 1 tutup botol essen, aduk rata. (Aroma essen merupakan bahan kunci yang membuat umpan disukai si ikan. Namun, jangan meneteskan terlalu banyak essen atau melebihi resep karena justru akan membuat umpan dijauhi oleh ikan mas.)
  • Masukkan dua helai daun pandan yang sudah diremas-remas.
  • Tuang adonan ke dalam plastik ukuran 1 kg. pilih plastik yang tebal atau gunakan 2 lembar plastik untuk mendobel agar tidak mudah pecah saat direbus. Ikat kencang ujung plastik.
  • Masak adonan yang ada di dalam plastik ke dalam panci berisi air mendidih. Gunakan api sedang dan panic tidak perlu ditutup. Masak adonan selama kurang lebih 10 menit hingga adonan matang dan bertekstur kenyal.
  • Setelah adonan matang, hancurkan adonan yang menyatu di dalam sebuah wadah. Hancurkan umpan hingga menjadi butiran lembut yang bertekstur kenyal.
  • Tambahkan 1 bungkus kinoy agar adonan semakin kenyal. Tambahkan kinoy tersebut sedikit demi sedikit hingga adonan kenyal atau tidak lembek lagi.
  • Setelah adonan kenyal dan sudah bisa dibentuk. Bulatkan adonan sedikit demi sedikit kira – kira seukuran ujung jari.
  • Umpan siap digunakan untuk memancing selama 4- 5 jam.

Teknik Memancing Ikan Mas

Selain umpan yang jitu, teknik memancing juga rahasia mancing ikan mas yang harus diperhatikan.

Pertama, pilihlah kenur atau tali pancing yang berkualitas agar lebih mudah dalam menjerat ikan. Tali pancing terbaik yang bisa Anda pilih adalah kenur super atau dikenal oleh pemancing profesional sebagai Braided Line. Tali pancing ini lebih tipis tetapi lebih kuat dan bersifat low stretch atau tidak mudah kendur, sehingga lebih mudah menjerat ikan karena tingkat kepekaan yang lebih tinggi. Selain itu, diameter tali yang lebih kecil memperbesar daya kamuflase sehingga ikan lebih mudah terkecoh. Gunakan joran pancing yang cukup lentur untuk dipasangkan pada tali pancing super ini. Selain itu sentakkan pancing dengan lembut dan kurangi tekanan agar hasil pancingan bisa lebih maksimal.

Kedua, gunakan kepekaan jari Anda untuk merasakan gigitan ikan saat menyambar umpan. Sambil memegang pancing, gunakan ujung jari telunjuk untuk menyentuh tali pancing yang keluar dari gulungan. Syaraf yang ada pada ujung telunjuk akan lebih peka merasakan sambaran ikan pada umpan meskipun sambaran tersebut sangat lembut.

Ketiga, tidak usah buru-buru mengencangkan tali sesaat setelah umpan dilontarkan. Pegang atau letakkan joran ditatakan sambil memperhatikan pergerakan umpan. Ikan mas sering kali menyambar umpan sesaat setelah jatuh ke air. Jika pergerakan umpan cepat seperti ular yang sedang berenang, itu tandanya umpan langsung disambar ikan mas. Jangan lewatkan kesempatan untuk langsung strike di awal.

Keempat, ketuk-ketuk joran secara perlahan sembari menunggu umpan disambar. Cara ini biasa dilakukan oleh para mancing mania atau mereka yang sudah sangat handal dalam memancing ikan mas. Trik yang satu ini bertujuan untuk mengagetkan si ikan yang sudah menyedot umpan sehingga ia akan berenang menjauh sambil berusaha memuntahkan umpan kembali. Dengan menjauhnya si ikan, umpan justru tidak akan terlepas, kail akan tertancap di mulut ikan dan ikan pun terpancing. Tidak demikian halnya apabila joran hanya didiamkan saja selama proses memancing; kemungkinan ikan akan terlepas akan lebih besar meski sudah melahap umpan, karena ikan akan memuntahkan umpan secara perlahan setelah sadar bahwa umpan tersebut hanyalah pancingan.

Kelima, saat Anda mendapati gelembung-gelembung kecil di pinggir kolam atau area sekitar tempat Anda duduk, kemungkinan itu adalah ikan mas yang bisa Anda pancing. Taburkan umpan bom yang berukuran kecil di atasnya secara perlahan agar si ikan tidak kaget dan menjauh. Kurangi setelan drag dan sedikit miringkan joran agar tali pancing tidak tegak lurus di dalam air.

Kunci lainnya dari rahasia mancing ikan mas adalah kesabaran dan gerakan gesit saat umpan sudah pasti tersambar. Tunggulah sejenak saat Anda mendapati gerakan-gerakan kecil pada tali pancing. Pertanda ini tidak selalu karena umpan tersambar, bisa saja hanya tersentuh sirip atau badan si ikan yang sedang bergerak di dalam air. Jangan menggunakan umpan terlalu lama, ganti dengan umpan lainnya yang lebih segar setelah beberapa waktu tidak dimakan ikan. Ketika pergerakan ujung joran menjadi cepat, saat itulah waktu yang tepat untuk menggetak dan strike.

Kata Kunci :

cara mancing Ikan mas,trik mancing ikan mas,cara memancing ikan mas,teknik mancing ikan mas,umpan mancing ikan mas,umpan ikan mas,tip dan trik mancing ikan mas,cara memancing ikan mas dikolam pemancingan,umpan jitu ikan mas,tempat tips memancing ikan mas
Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs