Sistem Peredaran Darah Mamalia dan Manusia

Tuesday, August 25th, 2015 - Biologi

Sistem Peredaran Darah Mamalia dan Manusia – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Sistem Peredaran Darah Mamalia dan Manusia yang merupakan materi pelajaran Biologi SMA Kelas 11. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Sistem Peredaran Darah pada Hewan.

Sistem Peredaran Darah Mamalia dan Manusia

Sistem Peredaran Darah Mamalia dan Manusia

1.Darah

Di dalam tubuh yang dinamakan darah adalah cairan berwarna merah yang terdapat di dalam pembuluh darah. Warna merah tersebut tidak selalu tetap, tetapi berubah-ubah karena pengaruh zat kandungannya, terutama kadar O2 dan CO2. Bila kadar O2 tinggi maka warna darahnya menjadi merah muda, tetapi bila kadar CO2 nya tinggi maka warna darahnya menjadi merah tua. Pada manusia atau mamalia, volume darahnya adalah 8% berat badannya. Jika seseorang dewasa yang berat badannya 60 kg, berat darahnya lebih kurang 0,08 × 60 kg liter darah. Jadi volume seluruh darah yang beratnya 50 kg adalah 4,8 liter.

2. Alat-Alat Peredaran Darah

Alat peredaran darah terdiri atas jantung dan pembuluh darah.

  • Jantung
  • Pembuluh darah

3. Macam-Macam Peredaran Darah

Macam-macam peredaran darah, yaitu:

  • Peredaran darah besar atau sistem sirkulatoria magna. Yaitu peredaran darah dari jantung (bilik kiri) oseluruh tubuh (kecuali paru-paru)ojantung (serambi kanan).
  • Peredaran darah kecil atau sistem sirkulatoria parva. Yaitu peredaran darah dari jantung (bilik kanan) oparu-paru ojantung (serambi kanan).
  • Sistem vena porta. Yaitu vena dari suatu alat tubuh sebelum menuju ke jantung mampir dulu ke suatu alat. Pada manusia dan mamalia adalah sistem vena porta hepatica, yaitu darah dari usus sebelum ke jantung mampir dulu ke hati.

4. Getah Bening atau Limfa

Getah bening atau limfa berasal dari plasma darah yang keluar dari kapiler dan dialirkan oleh pembuluh limfa. Pembuluh limfa yang berasal dari kepala, leher, dada, jantung, paru-paru dan lengan kanan akan bersatu menjadi pembuluh limfa kanan (ductus limfaticus dexter). Adapun pembuluh limfa yang berasal dari bagian lainnya akan bersatu menjadi pembuluh limfa dada (ductus thorasicus)dan bermuara di vena bawah selangka.

Pembuluh limfa dada juga merupakan tempat bermuaranya pembuluh lemak atau pembuluh kil.Lemak inilah yang menyebabkan cairan limfa berwarna kuning keputih-putihan. Di sepanjang pembuluh limfa terdapat kelenjar-kelenjar limfa atau nodus. Kelenjar ini berfungsi untuk menyaring kuman.

Beberapa kelenjar getah limfa yang besar adalah:

  • Kelenjar limfa lipat siku, lipat paha, ketiak, lutut, dan leher.
  • Kelenjar selaput lendir usus. Pembuluh limfa yang berasal dari selaput lendir usus disebut pembuluh kil.
  • Kelenjar folikel bawah lidah.
  • Kelenjar pada tonsil amandel dan adenoid.

Kata Kunci :

darah pada hewan mamalia dan manusia terdiri atas,darah manusia dan mamalia terdiri atas,biologi tentang sistem peredaran darah pada mamalia,peredaran darah mamalia,sistem peredaran darah hewan mamalia,sistem peredaran darah mamalia,darah manusia dan mamalia terdiri dari,gambar sistem peredaran darah,sistem peredaran darah pada hewan mamalia,sistem peredaran darah pada mamalia
Sistem Peredaran Darah Mamalia dan Manusia | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs