Sistem Ekskresi pada Hewan

Sunday, August 30th, 2015 - Biologi

Sistem Ekskresi pada Hewan – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Sistem Ekskresi pada Hewan yang merupakan materi pelajaran Biologi SMA Kelas 11. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Sistem Ekskresi pada Manusia.

Sistem Ekskresi pada Invertebrata

Hewan-hewan kelompok ini belum memiliki alat ekskresi khusus, sehingga sisa metabolisme dikeluarkan melalui permukaan tubuhnya secara difusi.

Sistem Ekskresi pada Hewan

Macam-macam alat ekskresi dan jenis sisa metabolisme

a. Cacing pipih

Contohnya pada Planaria. Cairan tubuh yang melewati sel api akan disaring. Zat-zat sisa yang dikandungnya akan diserap oleh sel api. Gerakan bulu getar di dalam saluran sel api akan mendorong zat air ke arah saluran gabungan. Melalui saluran gabungan inilah, akhirnya zatzat sisa dibuang ke luar melalui lubang ekskresi.

b. Cacing tanah

Cairan tubuh yang melewati nefridia. Zat-zat yang berguna akan diserap oleh darah, sedangkan cairan tubuh yang berupa zat sisa yang tidak berguna seperti air, senyawa nitrogen, dan garam-garam yang tidak diperlukan tubuh akan ditampung dalam kantong kemih, selanjutnya dikeluarkan melalui lubang nefridium (nefridiofora).

c. Serangga

Zat-zat sisa metabolisme yang berupa senyawa nitrogen dari cairan tubuh diubah menjadi asam urat. Zat ini akan diserap pembuluh malpighi, terus diangkut ke usus di dalam rektum. Air yang berlebihan akan diserap oleh usus, sehingga kotoran serangga berupa butiran-butiran.

Sistem Ekskresi pada Vertebrata

a. Ikan emas

Alat ekskresi berupa sepasang ginjal berwarna kemerah-merahan, terletak di antara gelembung udara depan dan belakang. Ginjal dilengkapi saluran urine, yang muaranya menyatu dengan muara saluran kelamin, sehingga disebut muara saluran urogenitalia. Ikan-ikan jenis lain ada yang muara tiga saluran, yaitu saluran urine, kelamin, dan anus menyatu disebut kloaka.

Ikan air laut banyak minum, sedikit urine. Garam-garam yang masuk bersama air yang diminum, akan dikeluarkan secara aktif melalui insang. Ikan air tawar sedikit minum namun banyak mengeluarkan urine. Di samping itu, ikan air tawar juga menghemat garam dan membersihkan tubuhnya dan zat-zat sisa senyawa nitrogen.

b. Katak hijau

Alat ekskresi berupa sepasang ginjal kiri dan kanan. Warnanya merah kecoklatan, bentuknya memanjang dari depan ke belakang. Zat sisa yang diambil oleh ginjal akan disalurkan melalui ureter menuju ke kantong kemih yang berupa kantong berdinding tipis yang terbentuk dari tonjolan dinding kloaka. Fungsinya untuk menyimpan urine sementara. Muara saluran urine, saluran kelamin, dan saluran pencernaan akan menyatu disebut kloaka.

c. Kadal

Alat ekskresi berupa sepasang ginjal. Salurannya juga bermuara pada kloaka (muara saluran urine, saluran kelamin dan saluran pencernaan).

d. Burung

Alat ekskresi berupa paru-paru, ginjal dan kulit. Ginjal berjumlah sepasang, berwarna cokelat. Saluran kelamin, saluran ekskresi, dan saluran pencernaan menyatu bermuara pada kloaka. Burung tidak mempunyai kantong urine. Urine yang dihasilkan ginjal langsung bercampur dengan sisa pencernaan di kloaka.

Kulit burung tidak mempunyai keringat, tetapi mempunyai kelenjar minyak yang terdapat pada tunggingnya. Minyak ini berguna untuk meminyaki bulu.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Sistem Ekskresi pada Hewan dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Kelainan atau Penyakit pada Sistem Pernapasan

Kata Kunci :

saluran urine kelamin dan anus yang menyatu disebut,muara dari saluran kelamin dan saluran kemih pada ikan disebut,hewan jantan yg memiliki organ pengeluaran yang berupa muara dari saluran pencernaan saluran urin dan saluran kelamin adalah,tabel sistem gerak hewan avertebrata,saluran urine pada hewan,saluran eksresi dan saluran alat kelamin burung disebut,pada burung saluran ekskresi dan saluran alat kelamin disebut,muara yang berasal dari saluran kelamin dan saluran dari ginjal disebut,muara dari saluran pencernaan saluran eksresi pada burung,muara dari saluran kelamin dan saluran/kemuh yang terdapat pada ikan disebut
Sistem Ekskresi pada Hewan | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs