Satu Akun Email dalam Dua Ponsel

Thursday, February 12th, 2015 - Teknologi

Satu Akun Email dalam Dua Ponsel – Jika sebelumnya pernah ditanyakan soal satu smartphone untuk beragam akun email, bagaimana dengan dua smartphone untuk akun email yang sama. Apakah bisa? (Rayy Aren)

Jawaban:

Tentu saja bisa. Sekarang ini memang banyak orang tidak hanya mempunyai satu buah saja device berbasis Android. Bisa jadi mereka memiliki 1 smartphone Android, dan sebuah tablet. Belum lagi ada sebagian orang memiliki beberapa smartphone karena kepemilikan beberapa nomor telepon.

Tentu saja sebuah akun yang sama pada banyak device memudahkan sinkronisasi data. Misalnya kita menambahkan nama seorang kenalan baru pada smartphone A. Kita tentu berharap nama kenalan kita tersebut juga akan otomatis ada di smartphone satunya lagi bukan? Kalau tidak betapa repotnya data utama kita akan terpisah-pisah, berbeda antara device satu dengan device lainnya.

Belum lagi, OS Android dikembangkan bukan hanya untuk digunakan di smartphone dan tablet. Sekarang sudah merambah ke TV, wearable device, mobil, bahkan perangkat rumah dan lain-lain.

Nantinya semua perangkat tersebut akan terhubung melalui internet, yang sekarang mulai diperkenalkan dengan istilah Internet of Things (IOT). Akun yang sama inilah nanti yang bisa menghubungkan semua device ini menjadi tanda pengenal bahwa kita, orang yang sama, yang menggunakannya dan memilki ijin aksesnya.

Dengan izin menggunakan akun yang sama ini pada banyak device, dengan mudah kita bisa mengakses data kita diberbagai perangkat. Beberapa orang pemakai device android awam atau awal, seringkali menganggap akun ini bukan hal yang sangat penting. Sebenarnya setelah kita memakainya, akun ini akan benar menjadi identitas diri digital kita. Atau bisa dikatakan seperti ‘KTP digital’ kita, untuk tanda pengenal kepemilikan atas data, aplikasi, storage, foto, email, dll yang kita gunakan setiap waktu.

Dengan akun yang sama, semua history kita tercatat, termasuk misalnya ketika kita membackup data atau membeli aplikasi, film, musik, buku dan lain-lain. Dengan akun yang sama tersebut, kita diizinkan menggunakan backup data dan aplikasi yang sudah kita beli untuk digunakan pada device lain.

Jadi sudah selayaknya akun ini dibuat dengan benar, dan dijaga kerahasiaannya dengan password yang kuat.

Satu Akun Email dalam Dua Ponsel | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs