Rumah Adat Bali dan Makna Pakaian Adat Bali

Thursday, March 31st, 2016 - Rumah & Taman

Rumah Adat Bali – Salah satu keragaman budaya yaitu terdapatnya rumah adat Bali. Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Pulau bali berada diantara pulau lombok dan pulau jawa. Provinsi yang terkenal dengan tempat wisata berkelas internasional ini memiliki adat kebudayaan yang unik, baik dalam seni budaya bali, makanan khas bali, sampai dengan rumah adat suku bali. Kesemuanya memiliki ciri khas tersendiri yang menarik sehingga banyak orang tertarik untuk mengenalnya lebih jauh.

Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali

Dalam membangun sebuah rumah, biasanya masyarakat bali berpedoman pada Asta Bhumi dan Asta Kosala Kosali atau bisa di artikan seperti fengshui bagi budaya chinese. Masyarakat bali memiliki kepercayaan bahwa sebuah kedinamisan dapat tercapai jika terwujudnya keharmonisan antara Tri Hita Karana (Pawongan, Pelemahan, dan Parahyangan)

Rumah adat bali harus memiliki susunan ruang seperti pekarangan rumah yang di bagi menjadi 3 bagian atau disebut dengan Tri Angga :

  1. Utama Mandala; Pekarangan bagian depan yang diperuntukkan untuk tempat suci atau parahyangan
  2. Madya Mandala; Bagian tengah diperuntukkan untuk penguni rumah atau pawongan
  3. Nista Mandala; Bagian belakang untuk palemahan

Untuk rumah di desa dataran terbagi menjadi sembilan bagian dengan mengikuti konsep Sanga Mandala sebagai dasar penataan ruangan, yaitu :

  1. Kaja Kangin/ Utamaning Utama;
  2. Kaja/ Utamaning Madya;
  3. Kelod-Kauh/ Utamaning Nista;
  4. Kangin/ Madyaning Utama;
  5. Tengah/ Madyaning Madya;
  6. Kauh/ Madyaning Nista;
  7. Kelod-Kangin/ Nistaning Utama;
  8. Kelod/ Nistaning Madya;
  9. Kelod-Kauh/ Nistaning Nista;

Seperti yang dapat kita lihat bahwa arsitektur rumah suku bali dipenuhi dengan hiasan seperti ukiran dan pewarnaan yang cukup unik. Namun jangan kira ukiran atau hiasan tersebut tidak memiliki makna penting bagi masyarakat bali. Ukiran atau hiasan tersebut merupakan simbol ungkapan keindahan serta penyampaian komunikasi. Patung-patung yang ada disetiap rumah adat bali memiliki makna bagi keyakinan/ kepercayaan masyarakat bali dan sebagai simbol-simbol ritual.

Ciri-ciri Khas Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali

  1. Panyengker karang/ tembok batas rumah;
  2. Pintu masuk;
  3. Tempat beribadah/ pamerajan, sanggah;
  4. Bale daja/ meten/ gedong di sebelah utara rumah;
  5. Bale dangin di sebelah timur rumah;
  6. Dapur berada di sebelah selatan;
  7. Bale dauh berada di sebelah barat;
  8. Tugu Pangijeng Karang;
  9. Sumur
  10. Lumbung tempat penyimpanan beras

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa rumah adat Bali di desa dataran memiliki 9 bagian pekarangan. Untuk masyarakat di pegunungan cukup sederhana hanya memiliki 3 bagian yaitu :

  1. Sanggah;
  2. Bale meten;
  3. Bale delod;

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai rumah adat masyarakat bali yang unik dan menarik. Dengan konsisten mempertahankan adat budaya, maka hal ini juga sangat berpengaruh terhadap dunia pariwisata di bali.

Makna Pakaian Adat Bali

Setiap pakaian adat tentu memiliki makna dari masing-masing daerah atau suku. Tetapi pasti dari setiap suku memiliki makna tersendiri untuk pakaian adatnya. Bagi masyarakat bali tentu pakaian adat memiliki makna mendalam dan nilai-nilai kebudayaan yang terus di pertahankan. Makna yang paling penting yaitu kepatuhan dan penghormatan kepada Sang Hyang Widhi/ Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu pakaian bali juga digunakan untuk simbol dalam membedakan kasta dimana hal ini dibuat sendiri oleh manusia.

Pakaian Adat Bali

Pakaian bali yang umum terbagi menjadi 3 fungsi, yaitu pakaian untuk acara keagamaan, pakaian acara pernikahan, dan pakaian adat yang digunakan untuk sehari-hari. Tentu kita pun tau bahwa pakaian adat bali pria dan wanita pasti memiliki perbedaan.

Rumah Adat Bali

Pakaian Adat Bali

Misalnya untuk mengetahui apakah seorang perempuan itu sudah menikah atau masih g***s, bisa kita bedakan dari jenis sanggul yang digunakannya saat ke pura. Perempuan yang masih g***s atau belum menikah menggunakan sanggul pusung gonjer, sedangkan yang sudah menikah menggunakan sanggul pusung tagel.

Ada juga pakaian bali paling mewah, yaitu busana agung yang dikenakan dalam acara tertentu saja seperti acara perkawinan atau acara potong gigi. Pakaian mewah ini ada beberapa variasi yang menyesuaikan dengan momen.

Wastra wali atau wastra putih merupakan kain yang digunakan khusus dalam suatu upacara Sebagai simbol kesucian. Selain menggunakan wastra wali, seorang pria bali juga menggunakan dodot atau kampuh kelagan yang dikenakan sampai menutupi dada. Sedangkan bagi wanita, sebelum menggunakan kain wastra terlebih dahulu menggunakan sinjang atau kain lapis yang berfungsi untuk mengatur langkahnya agar terlihat anggun saat berjalan.

Aksesoris

Selain jenis pakaian yang sudah disampaikan diatas, ada juga beberapa tambahan atau aksesoris pakaian adat seperti keris, kamen dan udeng untuk pria, sedangkan untuk wanita kipas dan sanggul lengkap dengan hiasannya serta songket bali digunakan oleh pria dan wanita. Bicara soal harga, tentu memiliki variasi yang berbeda-beda. Kita pun harus mencari tempat belanja yang murah di bali.

Pakaian bali juga memiliki makna penghormatan terhadap tamu yang berkunjung. Tentu kita semua tahu bahwa tempat wisata di bali banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Hal tersebut bisa jadi salah satu alasan mengapa masyarakat bali sangat mempertahankan adat budayanya.

Baca juga:

Nach demikian share kali ini dari BacaJuga.com mengenai Rumah Adat Bali serta Makna Pakaian Adat Bali. Semoga share di atas dapat memberikan manfaat bagi sahabat.

Kata Kunci :

rumah adat bali,rumah adat BALI dan keterangannya,Rumah adat suku bali,Penjelasan rumah adat bali,rumahadat bali,rumah adat bali beserta pakaiannya,suku bali rumah adat bali,rumah adat bali dan penjelasannya,Rumah adat bali/gambar dan penjelasan singkat,rumah adat dari provinsi bali bisa disebut dengan
Rumah Adat Bali dan Makna Pakaian Adat Bali | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs