Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Saturday, January 24th, 2015 - Fisika

Proses Terjadinya Gerhana Matahari – Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Proses terjadinya diawali dengan bulan menutupi mataharisehingga keadaan terang benderang berangsur-angsur menjadi gelap. Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari pada siang hari terhalang oleh bulan. Akibatnya, selama beberapa saat sinar matahari tertutup dan tidak tampak dari bumi. Pada saat terjadi gerhana matahari kedudukan, matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis. Akibatnya bayangan bulan akan mengenai bumi. Karena bulan lebih kecil dari matahari maka hanya sebagian tempat permukaan bumi yang terkena bayangan bulan. Atau hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Gerhana matahari total: terjadinya gerhana matahari total berlangsung hanya di permukaan bumi yang terkena bayangan inti (umbra) bulan. Karena bulan lebih kecil dibandingkan dengan bumi. Maka gerhana matahari total tidak dapat berlangsung lama. Biasanya gerhana matahari total hanya berlangsung sekitar 7 menit. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.Gerhana matahari terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

  • Gerhana matahari sebagian: terjadinya gerhana matahari sebagian saat permukaan bulan menutup sebagian permukaan matahari.
  • Gerhana matahari cincin: terjadinya gerhana matahari cincin apabila bulan berada di titik terjauh dan bumi berada di titik terdekat dari matahari.
Sekian uraian tentang Proses Terjadinya Gerhana Matahari, semoga bermanfaat. Baca juga Blood Moon dan Gerhana Bulan

Kata Kunci :

gerhana matahari cincin terjadi karena,Gerhana matahari terjadi apabila
Proses Terjadinya Gerhana Matahari | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs