Ponsel Merajalela Tak Sampai Menggoyang Workstation

Thursday, February 12th, 2015 - Gadget

Ponsel Merajalela Tak Sampai Menggoyang Workstation – Keberadaan PC, baik desktop maupun laptop, terus tergerus dengan kehadiran perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Namun nasibnya berbeda dengan PC kelas workstation.

Workstation disebut mempunyai profil pengguna yang unik, yaitu orang-orang yang membutuhkan PC dengan tingkat komputasi tinggi. Dan kebutuhan pengguna workstation ini tak bisa digantikan oleh keberadaan perangkat mobile.

“Workstation ini gak terpengaruh penurunan penjualan PC,” ujar Aziz Wonosari, Technical Manager, Lenovo Indonesia kepada detikINET selepas meluncurkan 3 workstation anyar Lenovo di Double Tree Hotel, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Ia menambahkan, “Pasarnya (workstation) unik, dan usernya punya kebutuhan yang tak bisa dipenuhi oleh perangkat mobile”. Memang, jika melihat spesifikasi PC di workstation, sulit rasanya untuk digantikan oleh perangkat seperti ponsel ataupun tablet, setidaknya untuk saat ini.

Misalnya saja Lenovo ThinkStation P900, yang bisa menggunakan dua buah prosesor Intel Xeon teranyar, tiga buah GPU kelas workstation seperti Quadro K6000, dan storage yang jika dimaksimalkan bisa mencapai 24 TB.

Jadi meski penjualan PC sudah jauh menurun jika dibandingkan pada masa kejayaannya, PC di kelas workstation tak terpengaruh oleh penurunan itu.

Apalagi perangkat jenis ini mempunyai umur pakai yang terbilang tinggi. “Life cycle workstation lebih panjang, di atas 12 bulan, sudah seperti server,” pungkas Aziz.

Ponsel Merajalela Tak Sampai Menggoyang Workstation | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs