Pilihan Prodi Favorit Pendaftar SNMPTN

Sunday, February 15th, 2015 - Pendidikan

Pilihan Prodi Favorit Pendaftar SNMPTN – Siswa kelas XII harus sudah memiliki pilihan program studi (prodi) sebelum mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun jika belum tahu akan memilih prodi apa, tidak perlu gusar.

Daftar prodi favorit pada SNMPTN 2014 yang dirangkum ini bisa menjadi panduan.

Manajemen

Dengan lebih dari 144 ribu siswa, Manajemen berada di posisi pertama prodi favorit SNMPTN 2014. Pemilih prodi ini akan memperoleh dasar-dasar keilmuan dalam mengatur suatu usaha serta memperkuat kemampuan dasar-dasar matematika, statistika dan ekonomi bisnis. Peluang karier prodi Manajemen cukup beragam di antaranya pengelola usaha, konsultan manajemen dan bisnis, manajer atau konsultan pemasaran, sampai wirausaha.

Akuntansi

Prodi ini tepat bagi para individu yang teliti. Lulusannya dituntut mampu menyusun dan menganalisa laporan keuangan. Peluang karier lulusan akuntansi cukup luas seperti staf auditor, asisten manajer keuangan, asisten manajer produksi dan lainnya. Pada SNMPTN 2014, prodi ini memiliki lebih dari 110 ribu peminat.

Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Teknologi informasi/Sistem Informasi

Pada era globalisasi ini, perkembangan informasi dan teknologi semakin pesat. Hal ini juga yang kemudian menjadi pertimbangan 97 ribu peminatnya pada SNMPTN 2014 lalu. Peluang karier pada prodi ini juga semakin luas misalnya sebagai programmer, web developer dan sebagainya.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Profesi seorang guru nampaknya kembali eksis setelah pada SNMPTN tahun lalu tercatat ada lebih dari 81 ribu pendaftar untuk prodi PGSD. Nantinya para lulusan prodi ini berpeluang mengajar di sekolah dasar baik negeri maupun swasta.

Hukum/Ilmu Hukum

Prodi ini nantinya akan membawa Anda kepada berbagai praktik hukum yang cukup luas mulai dari hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Adapun karier yang bisa ditekuni dari prodi seperti pengacara, peneliti hukum hingga dosen. Prodi ini dipilih lebih dari 70 ribu siswa pada SNMPTN tahun lalu.

Pendidikan Dokter

Menjamurnya berbagai rumah sakit baru belakangan ini tentu berbanding lurus dengan kebutuhan akan dokter di Indonesia. Hal ini sepertinya juga diikuti dengan jumlah peminat prodi ini yang cukup besar pada SNMPTN tahun lalu yakni mencapai lebih dari 60 ribu pendaftar.

Psikologi/Ilmu Psikologi

Prodi ini akan mengajarkan para mahasiswanya untuk dapat meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan seseorang. Psikologi sering kali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai aktivitas manusia yang cukup luas. Para lulusan prodi ini nantinya dapat meneruskan karier di bidang konseling, peningkatan sumber daya manusia atau mengajar. Pada SNMPTN tahun lalu terdapat lebih dari 59 ribu peminat prodi ini.

Ilmu Komunikasi

Komunikasi tak sekadar berbicara, namun dalam prodi ini kita juga diajarkan bagaimana memaknai pesan dan menganalisis umpan balik apa yang tepat untuk disampaikan. Adapun peluang karier lulusan prodi ini cukup luas mulai dari konsultan komunikasi, humas, staf pemasaran, jurnalis hingga analis. Prodi ini diminati oleh lebih dari 54 ribu siswa pada SNMPTN tahun lalu.

Farmasi

Sama halnya dengan teknologi, Industri farmasi di Indonesia akan terus mengalami perkembangan. Hal ini menyebakan farmasi diminati oleh lebih dari 49 ribu siswa pada SNMPTN tahun lalu. Adapun peluang kerja terbuka cukup luas seiring berkembangnya industri farmasi. Tidak hanya menjadi apoteker, lulusan prodi ini nantinya juga akan dibutuhkan oleh perusahaan farmasi nasional maupun asing.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Dalam prodi ini nantinya mahasiswa dituntut untuk mampu mengelola berbagai permasalahan yang ada di masyarakat untuk kemudian dicari solusinya. Pada SNMPTN 2014 lalu prodi ini juga semakin diminati dengan jumlah pendaftar lebih dari 48 ribu siswa. Adapun prospek kerjanya cukup luas mengingat semakin meningkatnya permasalahan kesehatan di masyarakat.

Pilihan Prodi Favorit Pendaftar SNMPTN | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs