Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia

Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia – Peranan jamur dalam kehidupan manusia sangat banyak, ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan. Seperti yang kita ketahui bahwa jamur banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan lain-lainnya, namun anda harus teliti dalam memilih dan memilah jamur apa saja yang dapat dimanfaatkan karena banyak juga jamur yang merugikan, yang tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Jamur merugikan juga memiliki jumlah yang banyak dan begitu juga dengan jamur yang menguntungkan memiliki jumlah yang banyak, hal ini membuat perlunya kita mengetahui macam-macam jamur yang menguntungkan dan merugikan.

Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia

Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia

1. Peranan Jamur yang Menguntungkan

Dalam kehidupan manusia, jamur yang mempunyai berbagai manfaat, antara lain menjaga keseibangan dan kelestarian ekosistem, sebagai sumber bahan makanan bergizi tinggi, untuk membuat jenis makanan baru dan makanan suplemen, untuk obat-obatan dan membasmi organisme penyebab penyakit.

Jamur yang menguntungkan antara lain, sebagai berikut.

  1. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentor dalam industri keju, roti, dan bir.
  2. Penicillium notatum berguna sebagai penghasil antibiotik.
  3. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer.
  4. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan berprotein tinggi.
  5. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu dalam pembuatan tempe dan oncom.

2. Peranan Jamur yang Merugikan 

Beberapa jenis jamur dapat merugikan manusia, misalnya jamur yang bersifat patogen atau menimbulkan penyakit, misalkan racun, merusak tanaman budidaya sehingga menggagalkan panen, dan membusukkan bahan makanan, Macam-macam jamur yang merugikan adalah, sebagai berikut.

  1. Pneumonia carinii menyebabkan penyakit pneumonia pada paruparu manusia.
  2. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian.
  3. Candida sp. penyebab keputihan dan sariawan pada manusia. Supaya kalian dapat memperoleh gambaran keempat divisi jamur

Baca juga :

Demikianlah info singkat dari admin bacajuga.com tentang Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam belajar Biologi, khususnya bisa menambah pengetahuan dalam masalah Jamur dalam kehidupan kita sehari-hari. [bj]

Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia | Admin | 4.5
Leave a Reply