Pengertian Thaharah

Friday, January 23rd, 2015 - Agama

Pengertian Thaharah – Thaharah, secara bahasa (etimologis) berarti pembersihan dari segala kotoran yang tampak maupun tidak tampak. Sedangkan, pengertian thaharah menurut syari’at (terminologis) berarti tindakan menghilangkan hadats dengan air atau debu yang bisa menyucikan. Selain itu juga berarti upaya melenyapkan najis dan kotoran. Dengan demikian, pengertian thaharah adalah menghilangkan sesuatu yang ada di tubuh yang menjadi penghalang bagi pelaksanaan shalat dan ibadah lainnya.

Pengertian Thaharah

Dalam Islam, jenis-jenis thaharah dibagi menjadi dua jenis, yaitu thaharah batin dan thaharah lahir. Thaharah batin spritual adalah thaharah dari kemusyrikan dan kemaksiatan. Thaharah seperti ini bisa dilakukan dengan cara betauhid dan berama salih. Jenis thaharah ini lebih penting daripada thaharah fisik. Sedangkan, thaharah fisik adalah bersuci dari berbagai hadast dan najis. Thaharah fisik dilakukan dengan cara yang telah disyari’atkan oleh Allah SWT berupa wudhu’, mandi, dan tayammum pada saat tidak air, menghilangkan najis dari pakaian, badan, dan tempat shalat.

Bagaimana cara melakukan thaharah? Thaharah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Thaharah menggunakan air: Setiap air yang turun dari langit atau keluar dari perut bumi adalah dalam posisi dasar penciptaannya, yaitu dapat menyucikan; menyucikan dari hadats dan kotoran, meski telah mengalami penambahan rasa atau warna atau baunya oleh sesuatu yang bersih. Contoh air yang dapat dipakai thaharah adalah air hujan, air dari sumber mata air, air sumur, air sungai, air salju, dan air laut. Akan tetapi, jika air itu berubah warna, rasa atau baunya yang disebabkan oleh suatu najis, menurut ijma’ ulama, air itu pun menjadi najis dan harus dihindari.
  • Thaharah menggunakan debu yang suci: Thaharaf ini merupakan pengganti air jika tidak memungkinkan bersuci dengan menggunakan air pada bagian-bagian yang harus disucikan, atau karena ketiadaan air, atau karena takut bahaya yang diakibatkan oleh penggunaan air, sehingga dapat digantikan oleh debu yang suci.
Sekian uraian tentang Pengertian Thaharah, semoga bermanfaat. Baca juga Pengertian Jihad
Pengertian Thaharah | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs