Pengertian Shalat Berjamaah

Friday, January 23rd, 2015 - Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengertian Shalat Berjamaah – Berjamaah adalah berkumpul bersama dalam suatu kelompok atau perkumpulan. Shalat berjamaah artinya shalat bersama-sama, baik di masjid, mushalla, maupun di rumah, dengan syarat ada imam dan ada makmumnya. Pengertian shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama dan sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang yakni imam dan makmum. Cara mengerjakannya, imam berdiri di depan dan makmum di belakangnya. Makmum harus mengikuti perbuatan imam dan tidak boleh mendahului.

Shalat yang dilakukan secara berjamaah lebih baik dan lebih utama dari shalat yang dilakukan sendirian (munfarid). Demikian halnya dengan shalat wajib lima waktu, dapat dilakukan sendirian (meskipun yang utama dilakukan secara berjamaah). Rasulullah SAW menggambarkan dengan perbandingan 27 derajat untuk shalat berjamaah dan satu derajat untuk shalat yang dilakukan sendirian. Shalat jamaah dalam Islam sangat ditekankan. Bahkan Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali, menegaskan bahwa shalat fardhu hendaknya dikerjakan secara berjamaah.Shalat fardhu lima waktu.

Pengertian Shalat Berjamaah

Shalat yang disunahkan berjamaah sebagai berikut:

  • Shalat dua hari raya.
  • Shalat  tarawih dan witir dalam bulan Ramadhan.
  • Shalat minta hujan.
  • Shalat gerhana matahari dan bulan
  • Shalat jenazah.
Sekian uraian tentang Pengertian Shalat Berjamaah, semoga bermanfaat. Baca juga Pengertian Riba Menurut Ahli

Kata Kunci :

pengertian shalat berjamaah menurut para ahli,ciri-ciri shalat jama\ah menurut para ahli,pengertian salat berjamaah menurut para ahli,pengertian shalat berjamaah menurut ahli,salat berjamaah sekurang kurangnya terdiri dari dan,shalat berjamaah menurut para ahli
Pengertian Shalat Berjamaah | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs