Pengertian Polusi dan Jenis Polusi

Monday, January 26th, 2015 - Biologi

Pengertian Polusi dan Jenis PolusiPengertian Polusi adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi maupun materi ke dalam lingkungan sehingga menyebabkan lingkungan kurang atau tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Dalam pengertian lebih lengkap, polusi adalah perubahan yang kurang menguntungkan terhadap lingkungan yang disebabkan oleh hasil aktivitas manusia secara keseluruhan atau sebagian, melalui pengaruh langsung/tidak langsung, dari perubahan dalam susunan kimia-fisika, tingkat radiasi, pola energi, dan limbah dari organisme. Polusi dapat mengakibatkan perubahan unsur fisik, panas, biologis, dan kimiawi, terhadap suatu lingkungan yang dapat menimbulkan bahaya atau potensial bahaya terhadap kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan makhluk hidup. Bahan yang menyebabkan polusi disebut polutan.

Pengertian Polusi dan Jenis Polusi

Jenis-jenis polusi dapat kita bagi menjadi empat jenis, yaitu polusi udara, polusi tanah, polusi air, dan polusi suara.

  • Polusi Udara: Polusi udara disebabkan oleh debu, partikel-partikel, asap pembakaran, asap rokok, gas-gas, seperti CO, CO2, NO2, CFC. Polusi udara dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pernapasan.
  • Polusi Tanah: Polusi tanah umumnya disebabkan oleh pencemaran sampah rumah tangga. Selain itu, polusi tanah juga bisa disebabkan oleh insektisida dan pestisida yang digunakan petani untuk membasmi hama tanaman. Kegiatan industri penambangan juga dapat merusak tanah.
  • Polusi Air: Polusi air terjadi jika sumber-sumber air seperti laut, danau, atau sungai telah tercemar sampah dan limbah berbahaya. Akibatnya, air tidak bisa lagi digunakan. Polusi air banyak disebabkan oleh limbah industri dan rumah tangga yang dibuang ke sungai, misalnya sampah organik, air detergen, minyak bumi, pupuk buatan dan pestisida. Limbah tersebut akan menyebabkan pencemaran air sehingga menimbulkan bau tak sedap, menurunnya kadar oksigen air yang membahayakan kehidupan organisme air. Indikator air telah terpolusi adalah perubahan bau, warna, rasa, dan suhu.
  • Polusi Suara: Polusi suara diakibatkan oleh adanya berbagai macam suara dalam berbagai kekuatan suara (dalam decibel), misalnya suara bising kendaraan bermotor. Polusi suara dapat menyebabkan gangguan pada sistem pendengaran dan kemudian diteruskan dengan gangguan psikologis, stress, naiknya tekanan darah, dan gangguan kesehatan lainnya. 

Sekian uraian tentang Pengertian Polusi dan Jenis Polusi, semoga bermanfaat. Baca juga Pengertian Mikroskop dan Bagian Mikroskop

Kata Kunci :

rangkuman tentang polusi,gambar polusi,materi biologi tentang polusi,rangkuman materi tentang polusi,rangkuman polusi
Pengertian Polusi dan Jenis Polusi | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs