Pengertian Laser dan Manfaat Laser

Friday, January 30th, 2015 - Fisika

Pengertian Laser dan Manfaat LaserPengertian Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau cahaya yang dikuatkan dari stimulus emisi/pancaran radiasi. Laser adalah sebuah alat yang menghasilkan pancaran cahaya radiasi elektromagnetik yang koheren, intensitas tinggi, mudah diarahkan, dan mempunyai lintasan lurus. Cahaya yang koheren berarti sinar-sinarnya menghasilkan bukit dan lembah secara bersamaan setiap waktu (sama fasa). Pembentukan laser terjadi jika suatuatom yang berada pada tingkat eksitasi disinari dengan foton tertentu yang sesuai sehingga terangsang dan turun ke tingkat energi yang lebih rendah dengan memancarkan foton cahaya tertentu pula. Cahaya radiasi ini bisa berasal dari sinar inframerah, cahaya tampak, atau ultraviolet. Manfaat laser sangat banyak, salah satunya adalah dalam bidang kesehatan/kedokteran.

Pengertian Laser dan Manfaat Laser

Contoh pemanfaatan laser adalah untuk memotong organ di antaranya dalam proses khitan. Pada anak laki-laki sebagian besar dilakukan khitan. Dahulu, khitan dilakukan dengan memotong kulup dengan pisau selanjutnya diperban dengan atau tanpa dijahit. Namun sekarang ada khitan yang tidak menggunakan pisau, tetapi ditembak menggunakan laser CO2. Kelebihan khitan dengan laser, yaitu: proses operasi cepat, pendarahan sangat sedikit, penyembuhan cepat, rasa sakit paska operasi minim, dan aman.

Manfaat laser selanjut adalah untuk mengatasi atau meminimalkan pembengkakan jaringan lunak pada hidung dan telinga anak. Misalnya pembengkakan pada hidung akibat sinusitis. Selain itu, laser juga dapat digunakan untuk mengangkat tumor jinak, seperti bintil-bintil pada kulit. Namun demikian, sebaiknya operasi dilakukan setelah anak dewasa, kecuali tumor ganas atau sudah membahayakan. Penggunaan laser lebih efektif karena kesembuhan paska operasi dapat lebih cepat.

Sekian uraian tentang Pengertian Laser dan Manfaat Laser, semoga bermanfaat. Baca juga Pengertian Efek Fotolistrik (Fotoelektron)

Kata Kunci :

manfaat medan magnet disekitar kawat berarus,rumus laser
Pengertian Laser dan Manfaat Laser | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs