Pengertian Kesimpulan dan Cara Menarik Sebuah Kesimpulan

Pengertian Kesimpulan – Kali ini kami akan berbagi penjelasan mengenai pengertian kesimpulan. Mungkin sahabat sudah tidak asing lagi mendengarkan kata kesimpulan. Kata ini banyak digunakan terutama dalam bidang pendidikan dalam hal ini dalam pembuatan laporan ataukah penelitian tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai defenisi atau arti dari kesimpulan, berikut ulasannya khusus sahabat.

Pengertian Kesimpulan

Lihat Pengertian Lainnya:

Pengertian Kesimpulan

Kesimpulan adalah suatu proposisi yang berarti kalimat yang disampaikan, yang diambil dari beberapa premis atau ide pemikiran, dengan aturan-aturan inferensi yang berlaku. Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan.

Cara Menarik Kesimpulan

Ada tiga macam cara untuk menarik kesimpulan dalam paragraf induktif, yaitu generalisasi, analogi, dan sebab akibat.

1. Kesimpulan Generalisasi

Generalisasi merupakan pola pengembangan sebuah paragraf yang dibentuk melalui penarikan sebuah gagasan atau simpulan umum berdasarkan perihal atau kejadian.

Simpulan generalisasi tersebut ditandai dengan memberikan pernyataan yang bersifat khusus untuk mendapatkan simpulan yang bersifat umum. Dapat diketahui bahwa pikiran utama atau kesimpulan paragraf tersebut ditandai dengan kata dengan demikian.

2. Kesimpulan Analogi

Analogi merupakan perbandingan dua hal yang berbeda, tetapi masih memperlihatkan kesamaan segi atau fungsi dari kedua hal yang dibandingkan. Dua hal yang dibandingkan tersebut berbeda, tetapi memiliki banyak persamaan. Berdasarkan banyak kesamaan tersebut, ditariklah suatu kesimpulan.

3. Kesimpulan Sebab-akibat

Pengembangan sebuah paragraf dapat pula menggunakan sebab akibat. Sebab dapat bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Akan tetapi, sebab akibat ini dapat juga terbalik, akibat yang menjadi gagasan utamanya dan untuk memahami sepenuhnya akibat itu perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagai perinciannya.

Beberapa Contoh pertanyaan yang dapat sahabat buatkan Kesimpulan

  1. Apa nama perusahaan yang mengembangkan teknologi bertani di lantai bawah tanah?
  2. Mengapa pasona O2 mengembangkan teknologi bertani di lantai tanah?
  3. Media apa yang di gunakan untuk menanam di lantai bawah tanah?
  4. Di mana sistem teknologi pertanian yang di kembangkan oleh pasona O2?
  5. Jelaskan bagai mana sistem pertanian yang di laksanakan oleh paona O2?
  6. Apa yang mengatur cahaya, air, dan kelembaban udara pada teknologi tersebut?

Demikian penjelasan dari Pengertian Kesimpulan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Dan semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita semua. [BacaJuga.com]

Pengertian Kesimpulan dan Cara Menarik Sebuah Kesimpulan | Admin | 4.5
Leave a Reply