Pengertian Invertebrata dan Ciri Invertebrata

Sunday, January 25th, 2015 - Biologi

Pengertian Invertebrata dan Ciri Invertebrata – Pengertian Invertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang punggung atau ruas-ruas tulang belakang atau tulang-tulang lain di dalam badannya. Ada yang mempunyai badan yang lunak dan ada yang mempunyai kulit keras melindungi badan. Rangka yang membangun tubuh beberapa hewan invertebrata adalah rangka luar. Artinya, rangka hewan invertebrata tersebut terletak pada bagian luar tubuh invertebrata. Rangka luar ini berfungsi sebagai pembentuk dan pelindung tubuh hewan invertebrata yang umumnya bertubuh lunak. Invertebrata dibagi dalam beberapa filum, yaitu Coelenterata, Porifera, Mollusca, Nemathelminthes, Platyhelminthes, Anelida, Artropoda, dan Echinodermata.

Pengertian Invertebrata dan Ciri Invertebrata

Kerangka tubuh umumnya terdapat di luar tubuh (eksoskeleton).

Ciri-ciri hewan invertebrata, antara lain sebagai berikut:

  • Alat ekskresi untuk hewan invertebrata tingkat rendah belum ditemukan, dan untuk hewan invertebrata tingkat tinggi belum memusat pada suatu organ.
  • Sistem saraf masih sederhana dan pusat saraf belum ada kecuali pada beberapa jenis hewan invertebrata yang pusat sarafnya berupa kumpulan simpul saraf (ganglion).
  • Berkembang biak secara generatif dan vegetatif atau kedua-duanya, dan
  • Peredaran darahnya terbuka, darah dari pembuluh darah masuk ke jantung dan sebagian lagi terus beredar melalui pembuluh darah balik untuk masuk ke bagian jantung yang lain.

Sekian uraian tentang Pengertian Invertebrata dan Ciri Invertebrata, semoga bermanfaat.

Pengertian Invertebrata dan Ciri Invertebrata | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs