Pengertian Hewan dan Klasifikasi Hewan

Sunday, January 25th, 2015 - Biologi

Pengertian Hewan dan Klasifikasi HewanPengertian Hewan adalah organisme eukariotik (memiliki membran inti sel), multiseluler (bersel banyak), tidak memiliki dinding sel, tidak berklorofil sehingga hidup sebagai organisme jenis heterotrof, dan dapat menggerakkan tubuh untuk mencari makan atau mempertahankan dari dari musuh. Terdapat sekitar satu juta spesies hewan dengan struktur dan bentuk tubuh yang beraneka ragam. Hewan menempati hampir semua ekosistem di bumi, namun kebanyakan spesies hewan hidup di air. Hewan-hewan tersebut selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. Nama latin hewan adalah Animalia (Latin, anima = jiwa).

Klasifikasi hewan dapat dilakukan berdasarkan ada tidaknya jaringan penyusun tubuh, yaitu parazoa dan eumetazoa. Parazoa adalah hewan yang tidak memiliki jaringan sejati, hewan-hewan anggota filum Porifera (hewan spons). Sementara eumeratozoa adalah hewan yang memiliki jaringan sejati, yaitu anggota filum hewan lainnya (Nematoda, Annelida, Mollusca, Cnidaria, Ctenophora, Platyhelminthes, dan lainnya).

Pengertian Hewan dan Klasifikasi Hewan

Klasifikasi hewan juga dapat dilakukan berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, yaitu invertebrata(tidak memiliki tulang belakang) dan vertebrata (memiliki tulang belakang). Kelompok hewan invertebrata terbagi menjadi beberapa filum, yaitu Cnidaria, Ctenophora, Porifera, Platyhelminthes, Mollusca, Arthropoda, Nematoda, Annelida, dan Echinodermata. Sedangkan, kelompok hewan vertebrata juga terbagi menjadi beberapa filum, yaitu Osteichthyes, Reptilia, Condrichthyes, Amphibia, Mamalia, dan Aves.

Sekian uraian tentang Pengertian Hewan dan Klasifikasi Hewan, semoga bermanfaat.

Pengertian Hewan dan Klasifikasi Hewan | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs