Pengertian Hemoglobin dan Fungsi Hemoglobin

Sunday, January 25th, 2015 - Biologi

Pengertian Hemoglobin dan Fungsi Hemoglobin – Pengertian Hemoglobin (Hb) adalah suatu protein yang mengandung zat besi (Fe) dan memberi warna merah pada darah. Fungsi utama hemoglobin adalah untuk mengikat oksigen. Satu gram hemoglobin akan bergabung dengan 1,34 ml oksigen. Jika hemoglobin banyak mengikat oksigen maka darah akan berwarna merah cerah dan jika hemoglobin tidak banyak mengikat oksigen maka darah akan berwarna merah tua. Hemoglobin mengikat oksigen dari paru-paru dan membentuk oksihemoglobin (HbO2) yang selanjutnya dibawa ke seluruh jaringan tubuh. Pada pembuluh kapiler, oksihemoglobin terurai menjadi hemoglobin dan oksigen. Oksigen tersebut akan berdifusi ke sel-sel tubuh.

Pengertian Hemoglobin dan Fungsi Hemoglobin

Fungsi lain dari hemoglobin adalah untuk menjaga keseimbangan asam basa darah. Tugas akhir hemoglobin adalah menyerap karbondioksida dan ion hidrogen serta membawanya ke paru-paru tempat zat-zat tersebut dilepaskan dari hemoglobin. Hemoglobin diukur dalam satuan gram per 100 ml. Nilai normalnya adalah 14-16 gram per 100 ml.

Sekian uraian tentang Pengertian Hemoglobin dan Fungsi Hemoglobin, semoga bermanfaat.

Kata Kunci :

materi hemoglobin,biologi kelas 7 tentang hemoklobin,materi biologi hemoglobin,materi Hb,pegertian HB dalam biologi,pengertian hemoglobin dan fungsinya
Pengertian Hemoglobin dan Fungsi Hemoglobin | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs