Pengertian Habitat

Monday, January 26th, 2015 - Biologi

Pengertian HabitatPengertian Habitat adalah daerah tempat tinggal makhluk hidup yang saling melakukan hubungan dengan lingkungan alamnya. Makhluk hidup mendapatkan segala hal yang dibutuhkannya dari habitat. Makanan, air, dan tempat berkembang biak didapatkan dari habitat. Di dunia ini terdapat dua habitat utama yaitu habitat darat dan habitat laut. Penyesuaian makhluk hidup terhadap habitatnya berbeda-beda, sesuai dengan bentuk tubuh, perilaku, jenis makanan, dan kegunaannya. Contoh habitat orang utan adalah di pepohonan hutan dan habitat babi hutan adalah disemak-semak hutan.

Pengertian Habitat

Habitat darat

Bentuk mulut binatang yang satu dengan yang lain berbeda. Bentuk mulut binatang itu tergantung pada jenis makanannya. Kupu-kupu mempunyai belalai untuk mengisap madu. Nyamuk mempunyai belalai penusuk dan penghisap untuk mengambil darah dari mangsanya. Paruh burung pemakan serangga, paruh burung pemakan bangkai, paruh burung buas dan paruh burung pemakan biji-bijian berlainan. Bentuk kaki hewan juga berbeda-beda; cakar burung buas besar-besar dan kuat, siap untuk menerkam. Cakar itik lembut karena hanya berguna untuk jalan, tapi kakinya berselaput karena digunakan untuk berenang.

Habitat air

Habitat air tawar dan habitat air laut berbeda. Ikan laut tak dapat hidup di air tawar. Sebaliknya ikan air tawar juga tak dapat hidup di laut. Makin dalam makin gelap di laut tekanannya makin kuat. Makhluk-makhluk yang hidup dekat permukaan laut berbeda dengan makhluk-makhluk hidup di tempat yang jauh ke dalam. Ikan bernapas dengan insang agar bisa hidup di air. Ikan paus, lumba-lumba, duyung dan singa laut tidak mempunyai insang. Mereka tidak termasuk ikan, mereka adalah hewan mamalia. Sekali-kali mereka muncul ke permukaan untuk bernapas. Mamalia ini bersirip seperti ikan, agar mereka mudah berenang di dalam air.

Sekian uraian tentang Pengertian Habitat, semoga bermanfaat.

Kata Kunci :

apa yang kamu ketahui tentang habitata,PENGERTIAN HABITAT
Pengertian Habitat | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs