Pengertian Globalisasi

Thursday, January 22nd, 2015 - Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengertian Globalisasi – Globalisasi adalah proses membuka diri atau masuk ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi dalampengertian sederhana dapat diartikan sebagai proses mendunia. Kata globalisasi berasal dari kata globeyang berarti “bola dunia”. Globalisasi juga dapat berarti sebagai tindakan yang mendunia. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia. Dunia yang luas dan dihuni berbagai macam suku bangsa seolah-olah hanya dimiliki oleh satu bangsa yaitu bangsa dunia atau warga dunia. Dalam globalisasi, tidak ada batas-batas wilayah suatu negara. Drucker mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah sebuah istilah menyeluruh untuk berbagai proses ekonomi global, penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional yang cepat, dan pasar uang.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi telah menjadi kenyataan sehari-hari yang tidak dapat dihindari. Prosesnya berlangsung sangat cepat dan kompleks, yang menjangkau segala aspek dan telah meresap ke seluruh bidang kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut.

  • Bidang ekonomi, ditandai dengan berlakunya pasar bebas, penjualan barang produk negara lain secara bebas di negara kita.
  • Bidang politik, ditandai dengan berkembangnya masyarakat yang demokratis, yaitu masyarakat yang ikut aktif menciptakan kehidupan bersama, menghormati nilai hak asasi manusia (HAM), serta menghargai hak dan kewajiban.
  • Bidang budaya. ditandai dengan semakin terasanya pengaruh budaya negeri asing yang menyentuh semua orang dan berbagai lapisan masyarakat, misalnya perubahan perilaku berpakaian dan berbicara akibat pengaruh film dan musik negara lain.
  • Bidang sosial, ditandai dengan lahirnya kesadaran global bahwa manusia semakin merasa saling tergantung dan saling mcmbutuhkan.
  • Bidang ekologi, ditandai dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan sumber daya alam, namun sekaligus pula meningkatnya ancaman hancurnya ekosistem bumi akibat eksploitasi alam secara berlebihan.

Globalisasi terjadi karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa berdampak positif dan negatif. Begitu juga dengan globalisasi, globalisasi memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat dunia, tetapi juga membawa dampak negatif. Dampak positif globalisasi adalah setiap orang berlomba dan bersaing untuk berbuat yang terbaik demi mencapai hasil yang terbaik pula. Dalam persaingan ini diperlukan kualitas yang tinggi. Dalam era globalisasi setiap orang mengejar keunggulan dan kualitas sehingga masyarakat menjadi semakin dinamis, aktif, dan kreatif.

Sedangkan dampak negatif globalisasi adalah munculnya ancaman terhadap budaya bangsa. Globalisasi melahirkan budaya global yang mengancam budaya lokal, daerah, atau bangsa. Rendahnya tingkat pendidikan menjadi salah satu penyebab terseretnya masyarakat oleh arus globalisasi. Hal ini menjadikan kita kehilangan identitas diri dan rasa kebangsaan. Sebagai contoh. saat ini anak remaja dengan cepat meniru potongan rambut, model pakaian, perhiasan/asesoris, makanan, cara dan alat komunikasi, maupun perilaku bangsa asing yang tidak cocok dengan jati diri bangsa.

Tujuan globalisasi adalah menghilangkan perbedaan di antara manusia dan menciptakan persamaan hak asasi manusia. Artinya, globalisasi dapat dirasakan atau dialami oleh siapa saja, baik tua, muda, maupun anak-anak. Mereka memiliki hak yang sama untuk mengalami globalisasi, terutama dalam merasakan keuntungan adanya globalisasi.

Sekian uraian tentang Globalisasi, semoga bermanfaat. Baca juga Pengertian Musyawarah

Kata Kunci :

pengertian globalisasi menurut drucker?
Pengertian Globalisasi | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs