Pengertian Bioma dan Macam-macam Bioma

Monday, January 26th, 2015 - Biologi

Pengertian Bioma dan Macam-macam BiomaPengertian Bioma adalah ekosistem besar yang meliputi suatu daerah yang luas dan memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma merupakan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Sebuah bioma pada dasarnya terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi aliran materi dan energi yang selalu dimulai dari tumbuhan. Ciri khas dari sebuah bioma adalah vegetasi tertentu yang dominan pada suatu wilayah yang dipengaruhi oleh kondisi iklim regionalnya. Oleh karena itu, perbedaan antarbioma tampak jelas dari vegetasi yang tumbuh di dalamnya.

Pengertian Bioma dan Macam-macam Bioma

Macam-macam bioma di bumi dibagi menjadi enam bioma utama yaitu padang rumput, gurun, tundra,hutan tropis basah, hutan musim, dan taiga. Berikut ini penjelasan dari macam-macam bioma tersebut:

  • Bioma Padang Rumput: Persebaran bioma padang rumput umumnya terdapat di daerah tropika dan subtropika dengan curah hujan antara 250-500 mm/tahun. Ada pula padang rumput dengan curah hujan yang mencapai 1.000 mm, namun turunnya hujan tidak teratur. Daerah padang rumput yang kering mempunyai rumput yang pendek. Daerah padang rumput yang relatif basah, seperti terdapat di Amerika Utara, rumputnya dapat mencapai tiga meter, misalnya jenis bluestem dan Indian grasses. Biasanya padang rumput terbagi dalam dua kategori yakni stepa dan sabana (savana). Stepa adalah padang rumput yang luas tanpa diselingi pepohonan. Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan.
  • Bioma Gurun: Daerah gurun mempunyai curah huan yang sangat rendah, rata-rata 250 mm/tahun bahkan kurang. Persebarannya biasanya di tengah benua, karena sebagian besar merupakan daerah bayangan hujan.  Jenis vegetasi tahan terhadap kekurangan air (xerofit) seperti kaktus. Gurun-gurun di dunia antara lain Gurun Sahara dan Gurun Kalahari di Benua Afrika, Gurun Simpson dan Victoria di Australia, Gurun Nefud dan Gurun Gobi di Asia serta Gurun Sonora dan Atcama di Benua Amerika.
  • Bioma Tundra: Daerah tundra hanya terdapat di belahan bumi utara sekitar daerah lingkungan kutub. Tundra terbentuk karena lingkungan alam yang gelap berbulan-bulan, disebabkan oleh tidak terjangkau pancaran sinar matahari. Di daerah tundra hanya terdapat beberapa pohon kerdil, bahkan dapat dikatakan sejauh mata memandang hanya lumut yang tampak, terutama sphagnum dan lumut kerak (lichens).
  • Bioma Hutan Tropis Basah: Persebaran hutan tropis basah di daerah khatulistiwa dengan tipe tumbuhan yang paling lebat dan paling rumit. Tumbuhan utama penyusun hutan tropis basah biasanya terdiri atas tujuh kelompok, yaitu pohon-pohon terna, liana, epifit, pencekik, pohon, saprofit, dan parasit. Tumbuhan biasanya bertingkat dan bertudung. Wilayah sebaran di daerah tropika dan subtropika antara lain di Indonesia, Australia Bagian Utara. Irian Timur, Afrika Tengah, Brazil, Amerika Tengah, Asia Tenggara. dan Kongo (Zaire).
  • Bioma Hutan Musim: Terdapat di daerah lintang rendah tropis disebut dengan hutan musim tropis. sedangkan di daerah iklim sedang disebut hutan musim meranggas (gugur). Tanaman di daerah tropis biasanya menggugurkan daun pada musim kemarau, sedangkan di lintang sedang pada musim gugur. Hutan musim tropis. penyebarannya di Thailand, Indonesia (Jawa Timur, lawa Tengah, Sulawesi. dan Nusa Tenggara). Dengan ciri-ciri: pohon-pohonnya lebih rendah, daunnya banyak yang gugur di musim kemarau. misalnya jati, pohon-pohon homogen (sejenis).
  • Bioma Taiga: Vegetasi biasanya berlapis lilin dan bertajuk lancip (conifer) dengan pinus dan cemara sebagai tanaman khas. Taiga kebanyakan terdapat di belahan bumi utara (Siberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara).
Sekian uraian tentang Pengertian Bioma dan Macam-macam Bioma, semoga bermanfaat.

Kata Kunci :

apa yang anda ketahui tentang bioma,apa yang anda ketahui tentang bioma taiga,apa yang kamu ketahui tentang bioma,amateri bioma kelas XIi,gambar pengertian bioma,jelaskan yang anda ketahui tentang biima,materi kelas XII bioma,materi kelas xii tentang bioma taiga,pengertian bioma,perbedaan savana dan sabana
Pengertian Bioma dan Macam-macam Bioma | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs