Pengertian Al-Quran

Friday, January 23rd, 2015 - Agama

Pengertian Al-Quran – Apa itu Al-Qur’an? Dari segi bahasa, Al-Quran berarti “yang dibaca” atau “bacaan”. Sedangkan, menurut istilah pengertian Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah SWT, yang diwahyukan dalam bahasa Arab kepada Nabi Muhammad dan membacanya bernilai ibadah. Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk/pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Sebagai pedoman hidup, isi/kandungan Al-Qur’an terbagi menjadi tiga pembahasan pokok yaitu akidah, ibadah, dan prinsip-prinsip syariat.

Pengertian Al-Quran

Setiap muslim tentu menyadari bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan pedoman hidup dan dasar setiap langkah hidup. Al-Qur’an bukan hanya sekedar mengatur hubungan antara manusia dengan Allah SWT, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia serta dengan lingkungannya. Itulah sebabnya, Al-Qur’an menjadi sumber hukum yang pertama dan utama bagi umat Islam. Seseorang dikatakan berpegang teguh pada Al-Qur’an apabila selalu mengamalkan apa yang diajarkan dalam Al-Qur’an. Dengan Al-Qur’an, manusia diharapkan dapat memiliki akhlak yang terpuji.Al-Qur’an mempunyai kedudukan sebagai sumber utama hukum Islam. Hukum Islam adalah hukum ke-Tuhanan, Allah telah mensyari’atkan kepada para hamba-Nya. Al-Qur’an merupakan dalil pokok dan merupakan jalan untuk mengetahui hukum-hukum ini. Al-Qur’an adalah firman Allah yang merupakan jalan pertama untuk mengetahui hukum-hukum-Nya. Alasan yang menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia dan hukum-hukum yang ada didalamnya merupakan undang-undang yang wajib ditaati. Sebab kebenaran dari Al-Qur’an tidak diragukan.

Sekian uraian tentang Pengertian Al-Qur’an. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bemanfaat. Baca juga Pengertian Iman

Pengertian Al-Quran | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs