Pengertian Akhlak Menurut Ahli

Friday, January 23rd, 2015 - Agama

Pengertian Akhlak Menurut Ahli – Akhlak adalah istilah bahasa Arab yang asal katanya khuluk berarti perilaku, baik itu perilaku terpuji maupun tercela. Istilah Akhlak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengandung pengertian sebagai suatu budi pekerti atau kelakuan. Jika diurai secara bahasa, akhlak berasal dari rangkaian huruf kha-la-qa yang berarti menciptakan. Dalam Islam, pengertian akhlak adalah suatu perilaku yang menghubungkan antara Allah SWT dan makhlukNya. Akhlak menyangkut kondisi internal, suasana batin seseorang sebagai individu. Para ahli atau cendekiawan telah banyak memberikanpengertian akhlak. Bagaimana pengertian akhlak menurut mereka?

Pengertian Akhlak Menurut Ahli

Pengertian Akhlak Menurut para Ahli

Berikut ini beberapa Pengertian Akhlak Menurut para Ahli:

  • Pengertian Akhlak Menurut Abu Hamid Al Ghazali: Akhlak adalah satu sifat yang terpatri dalam jiwa yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memikirkan dirinya dan merenung terlebih dahulu.
  • Pengertian Akhlak Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani: Akhlak adalah sesuatu sifat (baik atau buruk) yang tertanam kuat dalam diri yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa perlu berpikir dan merenung.
  • Pengertian Akhlak Menurut Ahmad bin Mushthafa: Akhlak adalah ilmu yang darinya dapat diketahui jenis-jenis keutamaan dan keutamaan itu adalah terwujudnya keseimbangan antara tiga kekuatan; kekuatan berpikir, kekuatan marah, dan kekuatan syahwat.
  • Pengertian Akhlak Menurut Ibnu Maskawaih: Akhlak adalah ‘hal li an-nafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min goiri fikrin walaa ruwiyatin’ yakni sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
Jadi, dari beberapa pendapat tentang akhlak diatas pada hakekatnya tidak ada perbedaan yang mendasar mengenai pengertian tersebut. Akhlak merujuk pada kebiasaan kehendak. Ini berarti bahwa kalau kehendak itu dibiasakan maka kebiasaan itulah yang dinamakan akhlak. Misalnya, kalau kehendak untuk membiasakan memberi maka ini dinamakan akhlak dermawan. Budi adalah sifat jiwa yang tidak kelihatan, sedangkan akhlak adalah kelihatan melalui kelakuan atau muamalah. Kelakuan adalah bukti dan gambaran adanya akhlak.

Sekian uraian tentang Pengertian Akhlak Menurut Ahli, semoga bermanfaat. Baca juga Pengertian Zakat Menurut Bahasa dan Syara’

Kata Kunci :

pengertian aklak menurut ahli siswa
Pengertian Akhlak Menurut Ahli | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs