Pengertian Adat Istiadat

Tuesday, January 20th, 2015 - Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengertian Adat Istiadat – Apa itu adat istiadat? Istilah adat istiadat sering terdengar dalam kehidupan kita, bahkan disadari atau tidak, kita sedikit banyak masih terikat oleh hukum tersebut. Pengertian adat istiadat adalah lembaga sosial yang terdapat di masyarakat yang masih memegang teguh tradisi. Di Indonesia, masyarakat semacam itu terdapat terutama di pelosok-pelosok desa. Dalam pengertian yang lain. adat istiadat adalah sistem norma yang tumbuh, berkembang dan dijunjung tinggi oleh masyarakat penganutnya. Adat yang sudah melembaga dan berlaku turun temurun disebut tradisi. Warga masyarakat yang melanggar adat atau tradisi, pada umumnya akan dikenakan sanksi.

Pengertian Adat Istiadat

Sanksi tersebut misalnya berupa pengucilan atau pengusiran dari lingkungan masyarakat di mana adat istiadat tersebut berlaku. Meskipun sanksi tersebut tidak tertulis namun berfungsi efektif. Hal ini disebabkan karena adat-istiadat dihormati oleh warga masyarakat. Di Indonesia, adat istiadat merupakan pelengkap hukum tertulis. Namun demikian, dalam kenyataan. peran adat dalam sistem hukum di Indonesia semakin berkurang. Peran itu semakin tergantikan oleh sistem hukum modern yang cenderung bercorak positivistik. Dalam arti, menyandarkan diri dari pada hukum tertulis.

Sekian uraian tentang Pengertian Adat Istiadat, semoga bermanfaat. Baca juga Arti Lambang Garuda Pancasila

Kata Kunci :

sistem norma yang tumbuh dan berkembang serta dijunjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya disebut,sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta dijunjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya disebut,sistem norma yang tumbuh dan berkembang serta di junjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya disebut,Sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta di junjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya adalah,sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta di junjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya disebut?,Sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta dijnjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya di sebut,sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta dijungjung tinggi oleh masyarakat penganutnya disebut,sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta dijunjing tinggi oleh warga masyarakat penganutnya disebut,sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta dijunjung tinggi oleh warga maayarakat penganutnya disebut,sistem norma yg tumbuh dan berkembang serta dijunjung tinggi oleh warga masyarakat penganutnya disebuy
Pengertian Adat Istiadat | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs