Para Pelajar Di Surabaya Dilarang Merayakan Valentin Day

Sunday, February 15th, 2015 - Berita, Daerah

Para Pelajar Di Surabaya Dilarang Merayakan Valentin Day – Hari Valentin atau Valentin Day selalu diperingati setiap tanggal 14 Februari dan jatuh pada hari ini. Namun di Surabaya para pelajar dilarang unutk merayakan Hari Valentin. Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang larangan merayakan Hari Valentin baik di sekolah maupun di luar sekolah unutk siswa SMP, SMA dan SMK di seluruh Kota Surabaya. Surat tersebut dikirimkan kepada Kepala Sekolah masing-masing lembaga pendidikan.

Juru bicara Dinas Pendidikan Surabaya menyampaikan bahwa larangan unutk merayakan Hari Valentin tersebut merupakan bentuk kasih sayang pihaknya kepada anak-anak.

Surat edaran tersebut berisi tiga poin, selain melarang perayaan Valentin, Dinas Pendidikan Surabaya juga menghimbau agar semua wali murid mengawasi anak-anak mereka agar terhindar dari pergaulan bebas.

Menurut Eko, surat edaran itu dikeluarkan sebagai langkah untuk mengantisipasi agar pelajar di Surabaya tidak terjerumus ke dalam perayaan Valentin dengan berhura-hura yang dapat merugikan mereka. Larangan merayakan Valentin sebelumnya juga sudah diberlakukan bagi pelajar di derah lain seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan Makassar.

Hari Valentin Para Pelajar Di Surabaya Dilarang Merayakan

Terkait perayaan Hari Valentin, Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Nasional (Forkomnas) KPIyakni Anwar Aziz, menyampaikan bahwa pihaknya juga menolak perayaan Valentin Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari di Indonesia. Valentin Day ini dinilai budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia dan juga tidak sesuai dengan ajaran islam. Dia juga menambahkan bahwa anak muda sekarang sebagin sepertinya sudah tidak mencintai lagi budaya timur. Hal tersebut dibuktikan dengan banyak anak muda yang masih merayakan hari Valentin.

Terlepas dari semua itu, terkait cerita tentang Valentin Day juga banyak versi. Dan dari seluruh versi cerita tersebut tidak ada kisah bahagia atau akhir cerita indah didalamnya.

Salah satu versi cerita Valentin Day mengatakan bahwa perayaan Hari Valentin merupakan kelanjutan dari perayaan tahunan Lupercalia yang diadakan setiap 15 Februari. Namun ada juga versi cerita yang mengatakan perayaan Lupercalia dilakukan untuk melindungi masyarakat Romawi Kuno dari serangan serigala. Ada juga versi yang menyebutkan bahwa Hari Valentin datang dari abad ketiga pada masa Kaisar Romawi Cludius II. Namun cerita lain juga mengisahkan bahwa ketika Valentin di penjarakan oleh Claudius II, dia jatuh cinta dengan putri sipir penjara itu. Dan masih ada lagi sejumlah versi cerita terkait dibalik kisah Hari Valentin.

Para Pelajar Di Surabaya Dilarang Merayakan Valentin Day | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs