Organ dan Sistem Organ

Sunday, May 3rd, 2015 - Biologi

Organ dan Sistem Organ – Pada kesempatan ini akan dibahas tentang materi Biologi SMP Kelas 7 tentang Organ dan Sistem Organ. Penjelasan akan dibuat seringkas mungkin agar mudah dimengerti dan dipahami dengan baik. Berikut penjelasan lengkap Organ dan Sistem Organ.

Organ

Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu. Contoh organ pada tumbuhan, antara lain:

  1. Daun terdiri dari beberapa jaringan yaitu jaringan epidermis, jaringan pagar, jaringan bunga karang, jaringan pengangkutan. Jaringan epidermis sebagai pelindung jaringan lain, jaringan pagar dan jaringan bunga karang membentuk jaringan perenkim untukdigunakan sebagai tempat fotosintesis.
  2. Akar terdiri dari jaringan epidermis, parenkim dan pengangkutan. Akar mempunyai fungsi menempelkan dan menancapkan tubuh tumbuhan dalam tanah.
  3. Batang merupakan penghubung antara akar dan batang terdiri dari jaringan jaringan epidermis, parenkim dan pengangkutan. Contoh organ pada hewan dan manusia, antara lain:
  • Jantung terdiri dari jaringan epitel, otot, ikat, dan syaraf. Jantung berfungsi untuk memompa darah.
  • Mata terdiri dari jaringan otot, syaraf, ikat, darah, dan lain–lain.
  • Ginjal terdiri jaringan otot, ikat, syaraf, dan lain–lain.

Sistem Organ

Di dalam tubuh organ–organ akan bekerja sama satu dengan lainnya. Tanpa ada kerjasama dengan organ lain proses dalam tubuh tidak akan terjadi. Contoh jantung berfungsi untuk mengedarkan darah, tak dapat berkerja tanpa adanya organ lain seperti pembuluh darah. Begitu juga sebaliknya pembuluh tidak dapat berkerja tanpa adanya jantung. Kumpulan organ–organ dengan sistem tertentu disebut sistem organ.

Organ dan Sistem Organ

Sistem organ pada tumbuhan, antara lain : terdapat beberapa sistem yang dihubungkan dengan akar, batang, dan daun. Misalnya sistem pengangkutan, sistem pelindung, sistem penyokong dan lain sebagainya. Sistem organ pada hewan dan manusia, antara lain:

  1. Sistem pencernaan makanan terdiri dari: organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.
  2. Sistem pernafasan manusia terdiri dari : laring, tenggorokan, dan paru-paru.
  3. Sistem peredaran darah manusia terdiri dari: jantung, pembuluh darah dan pembuluh getah bening.
  4. Sistem pengeluaran terdiri dari : ginjal, kulit, paru-paru, hati
  5. Sistem hormon terdiri dari anak ginjal, hifofisis, adrenal, dll

Di antara sistem–sistem tersebut, tidak bekerja sendiri–sendiri. Tetapi mereka saling bekerja sama sehingga membentuk proses kehidupan dalam organisme. Di dalam organisme terjadi susunan organisasi yang membentuk suatu organisme. Organisme yang terbentuk terdiri dari bagian terkecil yang disebut dengan sel, sampai akhirnya terbentuk organisme dengan urutan sebagai berikut :

Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Organisme

Kata Kunci :

rangkuman biologi jaringan tumbuhan mudah dipahami
Organ dan Sistem Organ | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs