Musim Liburan, Demo Hong Kong Kian Membesar

Thursday, October 2nd, 2014 - Berita

HONG KONG—Demo pro-demokrasi meluas ke beberapa area di Hong Kong, Rabu, saat masa liburan Hari Nasional Cina dimulai. Demonstrasi berpotensi membengkak sampai melampaui tujuan awal beberapa penyelenggara, sehingga peluang konfrontasi pun kian besar.

Baik pemerintah maupun demonstran telah menetapkan posisinya Selasa kemarin. Massa meminta Leung Chun-ying, kepala eksekutif Hong Kong, mundur pada tengah malam jika tak ingin massa yang turun ke jalan bertambah. Dalam pernyataan publik pertamanya sejak penindakan keras polisi terhadap demonstran hari Minggu kemarin, Leung mendesak demonstran pulang.

Setelah tenggat waktu, massa menyebar ke lokasi baru yang provokatif—Lapangan Golden Bauhinia, tempat perayaan Hari Nasional, peringatan 65 tahun berdirinya Republik Rakyat Cina. Padahal, beberapa pemimpin protes memperingatkan massa untuk tidak masuk ke lapangan, lantaran takut menyinggung perasaan publik Hong Kong atau mendorong penindakan aparat. Pemimpin lainnya, termasuk pelajar Joshua Wong, 17 tahun, bergabung dengan massa di lapangan.

Seiring dengan diputarnya lagu kebangsaan dan pengibaran bendera Cina, sekitar 30 demonstran membalikkan badan dan menyilangkan tangan ke udara dalam hening. Pesawat militer dan helikopter terbang di atas massa. Beberapa demonstran melambaikan bendera Cina dengan terbalik, berlawanan dengan 100 lebih hadirin pro-pemerintah yang mengenakan topi merah, memegang bendera kecil Cina dan Hong Kong, seraya berteriak, “Pergi, manusia kotor!”

Sumber : http://indo.wsj.com/posts/2014/10/01/musim-liburan-demo-hong-kong-kian-besar/
Musim Liburan, Demo Hong Kong Kian Membesar | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs