6 Makanan Khas Solo yang Dapat Dicoba

Makanan Khas Solo – Berikut merupakan kumpulan dari makanan khas solo yang merupakan salah satu ciri khas dari daerah Solo sendiri. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Negara kita Indonesia sangat kaya akan kulinernya. Baik makanan daerahnya maupun makanan di era modern ini. Kendatipun demikian, makanan khas daerah solo saat ini masih banyak dijajalkan di daerah Solo.

Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo

Baca juga:

Makanan Khas Solo

Untuk mengenal lebih jauh dari makanan khas solo, berikut bacajuga.com akan berbagi khusus bagi sahabat yang mungkin hanya sekedar mencari info ataukah memiliki keinginan untuk mencicipi makanan khas ini secara langsung.

1. Nasi Langgi

Nasi Langgi

Makanan Khas Solo yang pertama yakni ada nasi linggi. Nasi Langgi merupakan olahan nasi dengan bahan rempah beserta santan dan asam Jawa. Nasi Langgi berasal dari Solo. Nasi Langgi dilengkapi dengan lauk seperti telur dadar, bistik, kering kentang, daging, serundeng, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan mentimun.

2. Carang Gesing

Carang Gesing

Berikutnya yakni Carang Gesing yang merupakan salah satu makanan tradisional khas Solo, Jawa Tengah dengan bahan dasar pisang yang dikukus dalam daun pisang. Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini mirip dengan nagasari, akan tetapi sebenarnya bukan nagasari.

3. Timlo

Timlo

Salah satu makanan khas solo dengan nama unik yakni Timlo. Timlo merupakan sejenis sup dengan komponen kembang tahu dan telur atau daging (ayam atau sapi) sebagai pengisinya. Timlo memiliki beberapa variasi. Timlo dari kota Solo adalah salah satu yang banyak dikenal orang.

4. Tengkleng [Makanan Khas Solo]

Tengkleng

Tengkleng adalah masakan sejenis sup dengan bahan utama daging atau jeroan atau tulang kambing. Masakan ini berasal dari Solo. Bentuk fisik dari dari tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing , tetapi kuahnya lebih encer.

5. Sosis Solo

Sosis Solo

Sosis Solo merupakan makanan khas Solo propinsi Jawa Tengah yang terbuat dari daging sapi atau ayam digiling kemudian dibungkus dengan dadar telur. Makanan ini diadopsi dari sosis pada jaman penjajahan Belanda yang kemudian diubah dan disesuaikan dengan bumbu dan gaya lokal masyarakat Kota Solo sehingga menjadi makanan khas daerah.

Konon kabarnya Kanjeng Sunan Pakubowono X sendiri yang menggubah dan meracik pertama kalai namun sumber yang lain mengatakan bahwa Sosis Solo dibuat karena masyarakat kepengen mencoba makanan kesukaan para meneer dan noni Belanda. Meskipun hasil adopsi dari makanan luar namun rasa maupun penampilan Sosis Solo sangat khas dan berbeda dengan sosis di daerah lainya.

Ada 2 jenis Sosis Solo yang dikenal yaitu :

  1. Sosis Solo Basah yaitu sosis solo yang dikukus.
  2. Sosis Solo Goreng.

6. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Dan yang terakhir yakni Nasi liwet yang merupakan satu dari sekian banyak makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi). Tempat paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah di daerah Keprabon yang hanya berjualan pada malam hari.

Sentra pedagang nasi liwet banyak dijumpai di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Lambat laun hidangan ini mulai memasyarakat, dan penjual nasi liwet pun banyak bermunculan. “Kalau yang pertama namanya Mbah Karto,” ungkap Nurwanto menjelaskan siapa generasi pertama yang menjual nasi liwet. Mbah Karto ini merupakan penduduk asli Desa Menuran dan diketahui mulai menjajakan nasi liwetnya di daerah Keprabon, Solo.

Nach demikian info seputar Makanan Khas Solo yang dapat kami share pada kesempatan ini. Sebenarnya masih ada banyak makanan khas dari kota Solo yang tentunya tidak kalah dengan beberapa makanan khas di atas. Semoga bermanfaat. [Bacajuga.com]

6 Makanan Khas Solo yang Dapat Dicoba | Admin | 4.5
Leave a Reply