Macam-Macam Sistem Kekebalan

Monday, September 14th, 2015 - Biologi

Macam-Macam Sistem Kekebalan – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Macam-Macam Sistem Kekebalan yang merupakan materi Biologi SMA Kelas 11. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Kelainan atau Penyakit pada Sistem Reproduksi.

Macam-Macam Sistem Kekebalan

Macam-Macam Sistem Kekebalan

Tidak semua antigen yang masuk ke dalam tubuh berhasil dihancurkan oleh leukosit. Antigen yang gagal dihancurkan sistem pertahanan tubuh ini akhirnya dapat menyerang sel-sel tubuh hingga penderita menjadi sakit, misal cacar. Apakah setelah gagal menghancurkan virus cacar tersebut tubuh tidak bereaksi apapun?

Sistem Kekebalan Alami

Jika tubuh terserang suatu penyakit, misalnya campak tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan campak jika antibodi tersebut berhasil mengalahkan campak, tubuh akan membentuk antibodi yang lebih kuat untuk melawan campak jika suatu saat menyerang lagi.

Dibentuknya antibodi yang lebih kuat ini menyebabkan tubuh menjadi kebal (imun) terhadap campak itulah sebabnya tubuh tidak akan terserang campak dua kali.

Kekebalan (imunitas) terhadap suatu penyakit yang dimiliki tubuh tanpa perlakuan dari luar ini dinamakan kekebalan alami/kekebalan pasif.

Contoh kekebalan alami yang lain adalah kebalnya bayi terhadap beberapa penyakit setelah menyusu pada hari pertama. Di dalam air susu ibu tersebut terkandung kolostrum yang kaya antibodi dan mineral. Kekebalan bayi ini bertahan beberapa hari sampai beberapa minggu.

Bagaimana tubuh dapat mengingat dan mengenali antigen yang menyerang sebelumnya. Ternyata tubuh mempunyai sel-sel khusus yang bertugas untuk itu yang disebut sel-sel memori. Pengingatan dan pengenalan terhadap antigen tersebut merupakan ciri khas sistem kekebalan tubuh. Ciri lainnya adalah kekhususan yang berarti suatu antibodi hanya cocok untuk antigen tertentu. Sebagai contoh antibodi cacar hanya cocok untuk antigen tertentu. Sebagai contoh antibodi cacar hanya cocok untuk antigen cacar dan tidak cocok untuk antigen lainnya.

Sistem Kekebalan Buatan

Kekebalan yang dimiliki tubuh dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Kita dapat menyuruh tubuh untuk membuat antibodi penghancur antigen polio, tuberculosis, dan lainnya melalui pemberian vaksin. Vaksin adalah bibit penyakit yang telah dilemahkan. Proses pemberian vaksin dalam tubuh dinamakan vaksinasi. Jadi jika menginginkan tubuh memproduksi antibodi tetanus, kita harus menyuntiknya bakteri tetanus yang telah dilemahkan. Vaksin tetanus tersebut yang masuk tersebut akan dianggap tubuh sebagai penyakit, sehingga tubuh akan memproduksi antibodi untuk menghancurkan penyakit tetanus tersebut. Akibatnya tubuh akan kebal terhadap tetanus jika suatu saat penyakit tersebut menyerang. Kekebalan yang dibuat oleh tubuh dengan pemberian vaksin ini dinamakan kekebalan buatan atau kekebalan aktif.

Tidak semua penyakit dapat dicegah dengan cara vaksinasi. Banyak penyakit yang masih tahan terhadap perusakan oleh antibodi. Contoh penyakit yang sampai sekarang belum mempunyai vaksin yang efektif adalah AIDS dan malaria. Salah satu sebab sulitnya mencari vaksin yang efektif ini karena cepat berubahnya sifat virus penyebab penyakit. Vaksin yang umum digunakan selama ini diantaranya adalah vaksin DPT untuk mencegah penyakit dipteri – pertusis – tetanus -BCG untuk mencegah TBC, vaksin tetanus, dan campak.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Macam-Macam Sistem Kekebalan dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Kelainan atau Penyakit pada Sistem Reproduksi.

Macam-Macam Sistem Kekebalan | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs