Macam Macam Ekosistem

Monday, January 26th, 2015 - Biologi

Macam Macam Ekosistem – Terdapat bermacam-macam ekosistem sebagai tempat hidup beranekaragam makhluk hidup. Setiap ekosistem tersebut memiliki ciri-ciri vegetasi, lingkungan fisik, lingkungan kimia, dan tipe hewan yang spesifik. Kondisi lingkungan yang bermacam-macam tersebut menyebabkan jenis makhluk hidup yang menempatinya beragam pula. Di dalam ekosistem itulah terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dan lingkungannya (komponen abiotik).

Macam Macam Ekosistem

Berdasarkan proses pembentukannya, ada dua macam ekosistem utama, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

  • Ekosistem Alami: ekosistem alami adalah ekosistem yang proses pembentukannya dan pengembangannya berjalan secara alami, tanpa adanya campur tangan manusia. Ekosistem alami dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan. Contoh ekosistem darat antara lain ekosistem hutan. Contoh ekosistem perairan antara lain ekosistem laut, ekosistem rawa, dan ekosistem danau.Berikut ini penjelasan masing-masing ekosistem tersebut:
  • Ekosistem Buatan: ekosistem buatan adalah ekosistem yang proses pembentukannya dan pengembangannya sengaja dibuat oleh manusia, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh ekosistem buatan antara lain ekosistem kebun, ekosistem waduk, ekosistem akuarium, ekosistem kolam, dan ekosistem sawah.
Sekian uraian tentang Macam Macam Ekosistem, semoga bermanfaat.
Macam Macam Ekosistem | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs