Kebanyakan Makan Sashimi, Parasit Invasi Tubuh Pria Ini

Friday, September 26th, 2014 - Berita

Guangdong: Kecintaan seorang warga Tiongkok terhadap sashimi, makanan khas Jepang berupa potongan ikan mentah, hampir membunuhnya. Ratusan cacing pita bersarang di tubuh karena dirinya terlalu banyak mengonsumsi sashimi.

Pria yang namanya tidak disebutkan itu mengunjungi dokter karena merasakan sakit perut dan gatal-gatal. Saat diperiksa, ternyata seluruh tubuhnya terinfeksi cacing pita. Tim medis meyakini sashimi yang dimakan pasien telah terkontaminasi.

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (24/9/2014), pasien dirawat di Rumah Sakit Rakyat Guangzhou No 8 di Guangdong, provinsi timur Tiongkok. Sejumlah riset menunjukkan, memakan ikan mentah atau kurang matang dapat berujung pada infeksi parasit.

Infeksi cacing pita terjadi setelah seseorang memakan larva diphyllobothrium, yang biasanya ditemui di tubuh ikan air tawar seperti salmon.

Sebagian besar kasus infeksi cacing terjadi di wilayah miskin karena buruknya sanitasi. Namun belakangan, kasus serupa di kawasan perkotaan mulai meningkat.

Dokter Yin dari RS Guangzhou menyebut seseorang yang memakan daging mentah dapat mengalami cysticercosis, kondisi dimana cacing dewasa memasuki aliran darah. Infeksi jenis ini dapat berujung maut saat cacing sudah mencapai area otak.

Dalam jurnal Canadian Family Physician, melonjaknya kasus infeksi cacing salah satunya diakibatkan kepopuleran sushi. “Popularitas sushi dan sashimi Jepang yang menyebar luas adalah semacam kontributor,” tutur Nacy Craigh, kepala studi jurnal. 
WIL

Sumber : http://internasional.metrotvnews.com/read/2014/09/25/296630/kebanyakan-makan-sashimi-parasit-invasi-tubuh-pria-ini
Kebanyakan Makan Sashimi, Parasit Invasi Tubuh Pria Ini | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs