Jarak dan Perpindahan

Wednesday, May 20th, 2015 - Fisika

Jarak dan Perpindahan – Pada fisika, jarak dan perpindahan memiliki pengertian yang berbeda. Jarak diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu, dan merupakan besaran skalar. Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda dalam selang waktu tertentu dan merupakan besaran vektor.

Ucok berjalan dari titik A ke titik B sejauh 8 m, kemudian belok ke kanan sejauh 6 m dan berhenti di C. Total perjalanan yang ditempuh oleh Ucok adalah 8 meter ditambah 6 meter, yaitu 14 meter. Total perjalanan 14 m ini disebut jarak yang ditempuh Ucok. Berbeda dengan jarak, perpindahan Ucok adalah sebagai berikut. Posisi mula-mula Ucok di titik A dan posisi akhirnya dititik C yang besarnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus phy-tagoras.Jarak dan Perpindahan

Perpindahan UcokPerpindahan Jarak

Jadi, Ucok mengalami perpindahan sejauh 10 m.

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Apa perbedaan antara jarak dan perpindahan? Dalam Fisika, jarak dan perpindahan adalah 2 besaran yang berbeda. Benda yang bergerak selalu berubah kedudukan atau jaraknya terhadap acuan. Perubahan jarak memerlukan waktu. Bagaimanakah besarnya jarak untuk setiap satuan waktu? Sebelum kita dapat menjawab pertanyaan tersebut, kita bedakan dulu antara jarak yang ditempuh benda yang bergerak dengan perpindahan benda. Perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan kedudukan akhir. Perbedaan antara jarak dan perpindahan adalah sebagai berikut:

  • Jarak selalu ditinjau dari lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak, sedangkan perpindahan hanya ditinjau dari kedudukan awal dan kedudukan akhir.
  • Jarak tidak memperhitungkan arah gerak benda, sedangkan perpindahan memperhitungkan arah gerak benda.
  • Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai besar saja, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.
Besar jarak yang ditempuh (jarak tempuh) suatu benda yang bergerak dipengaruhi oleh waktu.Demikian juga besarnya perpindahan benda sebanding dengan waktu. Semakin besar jarak yang ditempuh, semakin lama waktu yang diperlukan atau semakin besar perpindahan benda semakin besar juga waktu yang diperlukan.

Contoh Soal

Budi berjalan ke timur sejauh 3 meter, kemudian berbelok ke selatan sejauh 4 meter, lalu berbelok sejauh 3 meter ke barat. Tentukan jarak dan perpindahan budi?
Jarak yang ditempuh Budi: = 3 meter ke timur + 4 meter ke selatan + 3 meter ke barat = 10 meter
Perpindahan yang ditempuh oleh Budi sama dengan jarak terdekat dari A ke D, yaitu 4 meter ke selatan.
Jadi terlihat bahwa nilai jarak dan perpindahan berbeda, yakni masing-masing 10 meter dan 4 meter.

Kata Kunci :

materi fisika SMA kelas 10 bab 1
Jarak dan Perpindahan | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs