Hak Siaran Premier League Masih Kalah dari NFL

Friday, February 13th, 2015 - Bola, Liga Inggris

Hak Siaran Premier League Masih Kalah dari NFL – Nilai hak siar Premier League sudah naik sampai 70 persen dari kontrak sebelumnya. Meski demikian angka itu bukanlah yang tertinggi di dunia olahraga saat ini.

Premier League sukses menjual hak siar di area Inggris Raya seharga 5,136 miliar poundsterling atau lebih dari Rp 100 triliun kepada Sky dan BT Sport.

Nilai itu sekaligus menjadi rekor baru nominal hak siar sejak Liga Inggris bergulir di tahun 1992. Kontrak berlaku selama tiga tahun. Artinya, nilai hak siar itu 1,7 miliar pounds atau setara dengan Rp 33,9 triliun per tahun.

Akan tetapi Liga Inggris masih kalah dengan kompetisi american football (NFL), yang hak siarnya yang mencapai 4,5 miliar pounds per tahun. Kontrak itu mengikat mulai 2015 hingga 2020.

“Akan butuh waktu yang sangat, sangat lama,” kata direktur eksekutif Premier League, Richard Scudamore, ketika ditantang soal kapan bisa menyalip nilai kontrak hak siar NFL, seperti dikutip dari AFP.

Sebagai catatan perbandingan nilai hak siar tersebut sama-sama dalam lingkup domestik, bukaninternasional.

Selain NFL dan Premier League, brand olahraga yang hak siarnya sangat mahal adalah NBA. Kompetisi bola basket Amerika ini memiliki nilai 1,5 miliar pounds per musim.

Di kalangan sepakbola, Serie A adalah kompetisi yang nilai hak siar domestiknya nomor dua setelah Premier League. Angka mereka adalah 700 juta pounds per tahun.

Setelah Serie A berturut-turut adalah La Liga Primera (560 juta pounds) dan Bundesliga (500 juta pounds) per tahun.

Kata Kunci :

nfl siaran
Hak Siaran Premier League Masih Kalah dari NFL | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs