Gerhana Bulan 8 Oktober 2014 Penuh Dengan Meteor

Thursday, October 9th, 2014 - Berita

Gerhana Bulan Total Blood Moon, Hujan Meteor, Jupiter dan Mars Terang Benderang Pada Oktober 2014

Gerhana Bulan Total Blood Moon, Hujan Meteor, Jupiter dan Mars Terang Benderang Pada Oktober 2014. Rangkaian fenomena alam yang langka dapat disaksikan oleh kita sepanjang bulan Oktober ini. Bukan hanya sekadar gerhana bulan dan hujan meteor. Kita juga bisa menikmati pesona indahnya planet Jupiter dan Mars yang lebih terang benderang daripada biasanya.

Gerhana Bulan Total Blood Moon

Fenomena pertama adalah gerhana bulan total yang akan terjadi pada hari ini Rabu, 8 Oktober 2014. Gerhana akan berlangsung sejak pukul 16.15 WIB. Puncaknya akan terjadi pada sekitar pukul 17.25 hingga 18.24 WIB.

Namun, Anda yang berada di wilayah Indonesia Barat mungkin agak sedikit kecewa. Disampaikan oleh Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin kepada Liputan6, mereka yang tinggal di wilaysh ini tidak bisa melihat awal mula gerhana karena bulan belum terbit pada saat-saat tersebut.

Nah, apa yang terjadi pada saat gerhana bulan total? bulan akan berubah warna menjadi kemerahan bagaikan mengeluarkan darah. Ada pula yang menyebutkan momen ini sebagai Blood Moon di wilayah bumi bagian utara untuk menggambarkan peristiwa ini. Hal ini terjadi karena bulan tertutupi bayangan bumi. Cahaya matahari yang membias, menciptakan kesan warna merah.

Hujan Meteor

Gerhana bulan total bukan satu-satunya yang bisa kita amati. Ada juga dua hujan meteor sepanjang bulan Oktober ini. Yang pertama adalah hujan meteor Draconids yang puncaknya terjadi 7 Oktober kemarin. Hujan meteor yang terjadi di langit utara ini sulit diamati dari Indonesia karena adanya purnama.

Hujan meteor kedua adalah Orionids yang puncaknya terjadi pada 21 Oktober mendatang. Kita bisa menyaksikan hujan meteori ini lebih jelas karena terjadi kala bulan tua. Diprediksi ada sekitar 15 meteor jatuh yang bisa diamati  setiap jamnya.

Planet-Planet Paling Terang

Fenomena alam yang tidak kalah menakjubkan adalah terlihatnya planet Jupiter dan Mars lebih terang daripada biasanya. Jupiter yang merupakan planet terbesar di tata surya bisa dilihat sejak dini hari hingga menjelang subuh di langit timur. Posisinya hampir dekat matahari.

Sementara itu, Mars yang berwarna merah bisa diamati sjeak pukul 22.00 WIB hingga subuh. Ia juga tergolong planet terdekat yang paling terang di pandangan mata sepanjang Oktober ini.
Sudah siap melihat fenomena-fenomena alam tersebut?

sumber : http://www.iberita.com/48790/lihat-gerhana-bulan-total-hujan-meteor-jupiter-dan-mars-terang-benderang-di-oktober-2014

Kata Kunci :

anak lahir 9 oktober 2014 setelah gerhana
Gerhana Bulan 8 Oktober 2014 Penuh Dengan Meteor | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs