Fungsi Gigi Manusia

Saturday, January 24th, 2015 - Biologi

Fungsi Gigi Manusia – Gigi adalah alat pencernaan secara mekanis. Gigi-gigi adalah struktur khusus yang berasal dari tulang yang mengalami pertumbuhan. Fungsi gigi dalam pencernaan ialah mengubah ukuran makanan menjadi lebih kecil agar mudah ditelan dan memudahkan proses pencernaan selanjutnya. Menurut bentuknya, gigi manusia dibedakan menjadi tiga macam, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri berbentuk pipih untuk menggigit dan memotong makanan. Gigi taring berbentuk lancip untuk merobek atau mengoyak makanan. Gigi geraham berbentuk besar dan permukaan atasnya tidak rata untuk mengunyah makanan.

Baik gigi seri, gigi taring, maupun gigi geraham mempunyai bagian-bagian yang sama. Bagian gigi yang terletak di atas gusi disebut mahkota gigi. Bagian gigi yang tertanam di dalam gusi disebut leher gigi. Sedangkan, bagian gigi yang tertanam di dalam tulang rahang disebut akar gigi. Bagian mahkota gigi dilapisi oleh email yang berwarna putih. Email merupakan bahan terkeras yang terdapat pada tubuh manusia. Fungsi email adalah melindungi tulang gigi agar tidak mudah aus. Di bawah lapisan email terdapat tulang gigi (dentin). Di dalam tulang gigi terdapat rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan urat saraf.

Fungsi Gigi Manusia

Gigi pada anak disebut gigi susu karena warnanya seperti susu atau gigi sementara karena dapat tanggal dan diganti gigi baru. Gigi susu mulai tumbuh pada umur kira-kira 6 bulan. Gigi yang pertama tumbuh adalah gigi seri, kemudian disusul gigi taring dan gigi geraham depan. Pada waktu umur 6 tahun, gigi anak berjumlah 20 buah. Kedua puluh gigi tersebut terdapat pada rahang atas dan rahang bawah. Masing-masing rahang terdiri atas 4 buah gigi seri, 2 buah gigi taring, dan 4 buah gigi geraham.
Setelah anak berumur 6 sampai 14 tahun, satu demi satu gigi susu akan tanggal. Dengan tanggalnya gigi susu, tumbuh gigi baru yang lebih kuat, yang disebut gigi tetap atau gigi dewasa. Jumlah gigi dewasa adalah 32 buah dengan perincian 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, 8 buah gigi geraham depan, dan 12 buah gigi geraham belakang. Gigi geraham paling belakang, disebut juga geraham bungsu, baru tumbuh pada usia antara 18 sampai 45 tahun atau tidak tumbuh sama sekali, tumbuhnya geraham bungsu dapat menimbulkan rasa sakit.

Sekian uraian tentang Fungsi Gigi Manusia, semoga bermanfaat.

Kata Kunci :

tulang gigi,biologi materi gigi
Fungsi Gigi Manusia | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs