Faktor Dalam yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Monday, August 3rd, 2015 - Biologi, Pendidikan

Faktor Dalam yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan – Lama admin bacajuga.com tidak pernah update tentang Biologi SMA Kelas 12, kali ini admin akan membagikan Faktor Dalam yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan.

Faktor Dalam yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Faktor dalam yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan adalah gen dan zat pengatur tumbuh.

Faktor gen

Faktor penurunan sifat pada keturunan terkandung di dalam gen. Informasi genetik pada gen mengendalikan terbentuknya sifat penampakan secara fisik (fenotip) melalui interaksinya dengan faktor lingkungan.

Zat pengatur tumbuh (hormon)

Zat pengatur tumbuh (hormon) pada tanaman ialah senyawa organik yang dalam jumlah sedikit dapat mendukung, menghambat, dan mengubah proses fisiologis tumbuhan. Pada konsentrasi tertentu hormon dapat memacu pertumbuhan, tetapi pada konsentrasi yang tinggi dapat menekan pertumbuhan. Macam-macam hormon sebagai berikut.

1. Auksin

Auksin mula-mula ditemukan oleh Darwin, dengan percobaan pengaruh penyinaran terhadap koleoktil. Auksin adalah hormon yang berperan merangsang pembelahan sel dan pengembangan sel. Hormon auksin/IAA memiliki sifat menjauhi cahaya. Hormon ini diproduksi pada ujung tunas akar dan batang. Pengaruh hormon auksin dalam konsentrasi yang berbeda pada bagian tubuh tanaman mengakibatkan terjadinya pertumbuhan yang tidak seimbang. Bagian yang mengandung auksin lebih banyak memiliki kecepatan tumbuh yang lebih besar. Adapun bagian yang kekurangan akan mengalami pertumbuhan lebih lambat. Jika ini terjadi pada pucuk batang, terjadi pembengkokan arah pertumbuhan.

a. pembelahan sel secara mitoses dan sel tidak mengalami pembesaran b. vakuola-vakuola terbentuk dalam sitoplasma, pembesaran sel dimulai c. vakuola-vakuola bergabung sel menjadi luas dan panjang

a. pembelahan sel secara mitoses dan sel tidak mengalami pembesaran
b. vakuola-vakuola terbentuk dalam sitoplasma, pembesaran sel dimulai
c. vakuola-vakuola bergabung sel menjadi luas dan panjang

Pengaruh auksin terhadap perkembangan sel memperlihatkan bahwa auksin dapat menaikkan tekanan osmotik, meningkatkan permeabilitas sel terhadap air, menyebabkan pengurangan tekanan pada dinding-dinding sel, meningkatkan sintesis protein, meningkatkan plas-tisitas, mengembangnya dinding sel.

Dilihat dari segi fisiologi, hormon auksin berpengaruh pada:

  • pengembangan sel;
  • fototropisme;
  • geotropisme;
  • pertumbuhan akar;
  • partenokarpi;
  • pembentukan batang.

2. Giberelin

Giberelin merupakan jenis hormon yang mulamula ditemukan oleh Kuroshawadari Jepang. Hormon ini berpengaruh terhadap sifat genetik, pembungaan, penyinaran, dan mobilisasi karbohidrat selama perkecambahan. Hormon ini berperan dalam mendukung perpanjangan sel, aktivitas kambium mendukung pembentukan RNA baru, dan sintesis protein.

3. Sitokinin

Sitokinin ditemukan oleh Kinetin. Sitokinin berfungsi untuk:

  • merangsang pembelahan sel;
  • merangsang pembentukan tunas;
  • menghambat efek dominasi apikal oleh auksin pada batang;
  • mempercepat pertumbuhan memanjang.

4. Etilen

Dalam keadaan normal, etilen akan berbentuk gas dan berperan apabila terjadi perubahan secara fisiologis pada suatu tanaman. Hormon ini berperan pada proses pematangan buah. Hubungan etilen dengan auksin yaitu etilen memengaruhi pembentukan protein yang diperlukan dalam aktivitas pertumbuhan.

5. Inhibitor

Inhibitor adalah zat yang menghambat pertumbuhan pada tanaman inhibitor. Sering dijumpai pada proses perkecambahan, pertumbuhan pucuk, atau dalam dormansi. Beberapa jenis inhibitor yaitu asam absisat dan plant growth retardant. Asam absisat terdapat pada daun, batang, akar, umbi, tunas, buah, dan endosperm. Zat ini mempunyai fungsi berlawanan dengan auksin, giberelin, dan sitokinin. Plant growth retardantadalah inhibitor yang berlawanan dengan kegiatan giberelin pada perpanjangan batang.

Faktor Dalam yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs