Ciri-Ciri Suatu Getaran

Ciri-Ciri Suatu Getaran – Semua getaran memiliki ciri-ciri tertentu, getaran merupakan jenis gerak yang mudah kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik gerak alamiah maupun buatan manusia. Pada dasarnya  ciri-ciri getaran memiliki frekuensi ( f ) dan periode ( T ).

Gerak dapat berulang dan tiap ulangan gerak dapat ditempuh dalam waktu yang sama. Gerak seperti ini biasanya disebut gerak periodik. Jika suatu benda dalam gerak periodik bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama maka disebut getaran.

Amati gambar berikut ini.

Ciri-Ciri Suatu Getaran

Pada saat digetarkan, ujung penggaris akan melalui lintasan O – A – O – B – O secara berulang-ulang. Gerakan suatu benda di sekitar titik keseimbangannya pada lintasan tetap disebut getaran.

Benda dikatakan melakukan satu getaran jika bergerak bolak-balik satu kali penuh. Jadi, satu getaran adalah gerak dari O – A – O – B – O atau A– O – B – O – A atau B – O – A – O – B.

Ciri-Ciri Suatu Getaran

Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam waktu 1 detik sedangkan periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk terjadinya 1 getaran sempurna. Suatu getaran akan bergerak dengan frekuensi alamiah sendiri.

Hubungan frekuensi dan periode secara matematis ditulis sebagai berikut.

T = \frac{1}{f}

dengan:

T = periode (s)
f = banyaknya getaran per sekon (Hz)

Satuan periode adalah sekon dan satuan frekuensi adalah getaran per sekon atau disebut juga dengan hertz (Hz), untuk menghormati seorang fisikawan Jerman yang berjasa di bidang gelombang, Hendrich Rudolf Hertz. Jadi, satu hertz sama dengan satu getaran per sekon.

Contoh Soal Getaran

Pada suatu pegas tergantung sebuah beban yang bergetar 50 kali dalam waktu 10 sekon. Hitunglah besar

a. frekuensi getaran

b. periode getaran

Penyelesaian:

Diketahui pegas bergetar 50 kali dalam 10 sekon.

Ditanyakan:

a. f………..?

b. T………?

Jawab:

a. Frekuensi adalah banyaknya getaran tiap sekon, maka banyaknya getaran dalam 1 sekon.

f = \frac{50 getaran}{10 sekon}f = 5 \frac{getaran}{sekon}

Jadi, frekuensi getarannya adalah 5 hertz.

b. Periode getaran adalah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali getaran.

T = \frac{1}{f}

T = \frac{1}{5}

T = 0,2 Hz

Jadi, periode getarannya adalah 0,2 sekon.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa benda yang bergerak berada di sekitar memiliki frekuensi dan periode maka gerak benda tersebut disebut getaran dengan kata lain benda tersebut begetar.

Contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari :

a. Getaran senar gitar yang dipetik

b. Getaran pita suara ketika berbicara

c. Getaran permukaan bumi ketika terjadi gempa bumi

d. Bandul jam dinding yang bergoyang-goyang

e. Pegas yang diberi beban

f. Ayunan anak-anak

g. Mainan anak-anak yang berbentuk mistar.

h. Getaran ikan

Getaran Ikan

Tahukah kamu, bagaimana ikan berkomunikasi? Ikan membangkitkan getaran suara dengan menggosok-gosokkan bagian badan tulang dan gigi secara bersamaan untuk berkomunikasi.

Pada sebagian besar ikan, suara yang timbul diakibatkan oleh gelembung renang, yaitu gas berisi gelembung yang menyerupai organ. Dinding elastis gelembung renang dihubungkan ke otot yang dapat memanjang dan berkontraksi untuk meningkatkan dan menurunkan volume gelombang renang.

Getaran ini menggetarkan air di sekitar ikan, merambat keluar sebagai gelombang suara yang dapat didengar sebagai dengkuran, siulan, atau suara drum. Itu semua tergantung pada penggunaan otot. [bj]

Ciri-Ciri Suatu Getaran | Admin | 4.5
Leave a Reply