Ciri Ciri Negara Maju

Thursday, January 22nd, 2015 - Pancasila dan Kewarganegaraan

Ciri Ciri Negara Maju – Negara-negara berkembang dikelompokkan atas dasar beberapa indikator, misalnya pendapatan per kapita, kesehatan, pertumbuhan penduduk, beban tanggungan, dan tingkat pengangguran. Begitu pula dengan negara-negara maju dikelompokkan berdasarkan kriteria yang sama. Semua ciri negara-negara maju adalah kebalikan dari ciri-ciri negara berkembang.

Ciri Ciri Negara Maju

Ciri-ciri tersebut adalah pada umumnya standar hidup penduduk di negara-negara maju lebih tinggi, bahkan beberapa di antaranya tertinggi di dunia. Keadaan mutu kehidupan penduduk yang tinggi tersebut dapat diamati dan beberapa hal berikut ini:

  • Pendapatan per Kapita: Hampir semua negara maju pendapatan per kapitanya lebih dari 9.656 dolar Amerika, bahkan sebagian besar jauh di atas angka tersebut yaitu di atas 20.000 dolar Amerika. Dua negara di antara negara maju tersebut memiliki pendapatan per kapita Iertinggi di dunia yaitu Amerika Serikat dan Swiss masing-masing 34.100 dolar Amerika dan 30.450 dolar Amerika.
  • Sekian uraian tentang Ciri Ciri Negara Maju, semoga bermanfaat. Pertumbuhan Pendapatan: Umumnya negara-negara maju mengalami pertumbuhan pendapatan yang cepat dibandingkan dengan negara-negara berkembang. Hal ini disebabkan keberhasilannya dalam pengembangan sektor industri untuk menunjang perekonomian dan kemampuan menciptakan lapangan kerja bagi penduduknya.
  • Pemerataan Pendapatan: Pertumbuhan pendapatan per kapita di negara-negara maju diikuti dengan pemerataan (distribusi) pendapatan bagi seluruh penduduknya. Sehingga tidak tampak adanya kesenjangan yang mencolok antara kelompok penduduk miskin dengan kelompok penduduk yang kaya.
  • Hilangnya Kemiskinan: Dengan pendapatan per kapita yang rata-rata tinggi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan serta kesempatan kerja yang lebih merata, kemiskinan hampir tidak ditemui lagi di negara-negara maju.
  • Kesehatan yang Baik: Pendapatan yang tinggi dengan sendirinya akan mendorong penduduk untuk menciptakan standar hidup sehat. Hal ini juga berdampak pada perbaikan gizi dan mudah memperoleh pelayanan kesehatan. Angka harapan hidup di negara-negara maju rata-rata di atas 70 tahun. Bahkan untuk Jepang rata-rata angka harapan hidupnya 81 tahun. Sedangkan angka kematian kasar penduduk sangat kecil yaitu berkisar antara 6-13 orang setiap 1000 orang penduduk

Demikianlah Ciri Ciri Negara Maju, semoga bermanfaat. Baca juga Ciri Ciri Negara Berkembang

Kata Kunci :

standar kehidupan penduduk di negara maju umumnya tinggi dapat diamati dari
Ciri Ciri Negara Maju | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs