Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang

Sunday, November 1st, 2015 - Hobi, Memancing

Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Cara Memancing Ikan Nila.

Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang

Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang

Meracik Umpan itu merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu faktor yang mendorong kemenangan pemancing dalam lomba mancing lele (event) di kolam atau empang, ataupun untuk mancing harian galatama di kolam ikan lele atau empang. Racikan umpan yang jitu dan tepat dalam lomba (event) atau mancing harian galatama akan mampu menarik perhatian lebih banyak ikan lele sehingga banyak ikan lele yang mendekat. Setelah banyak ikan mendekat, maka tinggal bagaimana pemancing memainkan skill mancing lele untuk meraik kemenangan.

Sebelum mencermati tips meracik umpan jitu ikan lele, perlu diperhatikan bahwa ikan lele memiliki sifat kebosanan tinggi terhadap umpan. Sebenarnya istilah “kebosanan” ini agak kurang tepat, sebab yang menjadikan ikan lele terkesan “bosan” terhadap umpan pancing adalah karena “jera” terhadap kail atau pancing. Ikan mampu mengingat setelah dia makan umpan tertentu kemudian dia terkena kail, maka ikan lele itu lama-lama akan menghindar dari umpan itu, sehingga terkesan bosan. — Ini merupakan info sepele tapi penting untuk pemancing — sehingga dalam meracik umpan ikan lele perlu dirubah-rubah agar ikan lupa terhadap umpan-umpan pancing sebelumnya. Dengan demikian, maka umpan jitu mancing ikan yang lalu akan dapat digunakan memancing lagi setelah beberapa lama.

Berikut kami berbagi Tips Meracik Umpan Mancing  Lele di Kolam Ikan atau Empang:

Tips Meracik Umpan Jitu untuk Ikan Lele 1: Umpan paling sederhana dengan ikan hias

  • Racikan Umpan jitu paling sederhana ini menggunakan ikan hias, dan digunakan secara murni tanpa campuran. Ikan hias yang dapat digunaan seperti ikan mas komet yang harganya murah, hanya kisaran Rp. 1500 per ekor (harga di Jawa Tengah). Ikan mas komet sepanjang 3-5 cm ini dipotong-potong menjadi dua atau tiga bagian, kemudian dipasang di kail.
  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele ini terlihat sangat sederhana, tapi jangan dianggap remeh, sebab umpan jitu sederhana ini telah terbukti berkali-kali memberikan kemenangan dalam lomba galatama dengan ratusan peserta. Aroma daging ikan komet mentah sangat khas, yaitu amis dengan unsur gurih yang sangat digemari ikan lele.
  • Tips lain meracik umpan jitu untuk ikan lele dengan ikan hias adalah menggunakan ikan balon. Aroma daging ikan balon juga cukup khas dan digemari lele, sehingga dapat dijadikan umpan jitu alternatif.
  • Tips alternatif meracik umpan ikan lele dengan ikan hias ini adalah digoreng setengah matang dengan mentega dan diberikan vanili pengharum secukupnya.

Tips Meracik Umpan Jitu untuk Ikan Lele 2: Umpan Sederhana Dengan Lele Bakar

  • Racikan umpan jitu sederhana ini menggunakan filosofi “lele makan lele”. Tips ini sangat sederhana, dimana pemancing hanya perlu membeli daging lele bakar, dan diusahakan setengah matang saja, sukur masih ada sedikit darah di daging lele. Racikan umpan jitu sederhana ini jangan menggunakan ikan lele yang telah digoreng kemudian dibakar, akan tetapi asli dari ikan lele mentah yang langsung dibakar, sehingga tidak terlalu matang, dan umpan masih menyisakan bau anyir serta bau darah, sehingga umpan beraroma gurih, anyir darah.
  • Tips meracik umpan ikan lele sederhana dengan daging lele bakar setengah matang ini juga sangat sederhana, tetapi tidak bisa disangsikan keampuhannya. Pemancing dapat mencoba meracik umpan jitu ini tanpa menggunakan campuran apapun, murni saja digunakan buat mancing.

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 3 : Tips Jitu Sederhana Menggunakan Pelet Khusus Pabrikan

  • Tips jitu meracik umpan ikan lele yang ke tiga ini juga masih sangat sederhana, dimana pemancing hanya membutuhkan pelet pabrikan yang telah jadi, bukan pelet yang digunakan untuk makanan lele yang diternak petani. Kami rekomendasikan pemancing menggunakan pelet umpan ikan pabrikan produk STELLA, khususnya pelet Merah King STELLA. Pelet Merah King Stella ini telah diracik khusus oleh pabrik, yaitu STELLA untuk benar-benar menjadi umpan ikan lele yang jitu yang mampu menyedot perhatian ikan lele. Jangan Gunakan Pelet yang Lain!!!
  • Racikan Umpan Jitu untuk Ikan Lele ini mudah didapat, dimana pemancing tinggal memesan umpan di Toko Pancing Ini (klik).  Pemancing tinggal mengencerkan serbuk pelet Merah King di air hangat, tanpa perlu menambahkan apapun, atau jika perlu juga bisa diencerkan dengan kuning teur itik. Racikan dibuat liat seperti tanah liat yang biasa digunakan mainan anak-anak. Kondisi liat yang dimaksud adalah tidak terlelu encer tapi juga tidak terlalu keras, sehingga mudah dibentuk dan tidak mudah hancur. Racikan umpan jitu dari serbuk pelet Merah King STELLA juga bisa digunakan untuk bom ikan, yaitu diencerkan lagi kemudian ditabur di depan lapak pemancing, dan pemancing tinggal tem kail disitu untuk menunggu ikan.
  • Alternatif lain bagi pemancing dalam meracik umpan jitu pelet pabrikan produk STELLA adalah denga mencampu essen. Essen merupakan serbuk atau larutan atau gel bau-bauan yang memberikan aroma khusus untuk merangsang nafsu makan ikan lele. Essen yang dapat digunakan untuk umpan jitu racikan umpan ikan lele adalah essen Black Choya produk Stella, Essen Daging Panggang produk Stella, Essen Lobster produk Stella, dan Essen minyak bulus produk Stella. Essen dicampurkan sedikit saja pada pelet stella yang sudah berbentuk liat, jangan sampai aromanya terlalu menyengat sebab justru akan membuat lele tidak suka.

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 4 : Umpan Racikan Menggunakan Bahan Cacing

  • Pada musim hujan, cacing menjadi umpan yang jitu untuk memancing ikan lele. Cacing yang bisa digunakan adalah cacaing merah, cacing tanah dan yang paling ampuh adalah cacing laut. Cacing merah dan cacing tanah ini diracik atau diramu menggunakan kuning telur bebek atau itik, caranya adalah kuning telor dimasukkan di wadah, kemudian cacing diaduk-aduk dalam kuning telur tersebut.
  • Alternatif lain dalam meracik umpan jitu untuk mancing ikan lele dengan cacing adalah cacing direndam dalam essen Choya produk Stella, Essen  Black Choya dari Stella, atau Essen Daging Panggang produk Stella. Caranya adalah sekitar 15 tetes essen dilarutkan dalam air 1/4 gelas kecil, kemudian cacing direndam selama 3 jam.

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 5: Umpan Racikan Menggunakan Bahan Hati Ayam

  • Variasi umpan jitu untuk mancing ikan lele lainnya adalah dengan menggunakan bahan dasar hati ayam yang masih mentah. Hati ayam yang masih mentah ini direndam dalamessen Choya  dari produk STELLA atau Black Choya dari produk STELLA, kira-kira 2 jam. Langkah selanjutnya adalah merendam hati ayam mentar tersebut dalam air putih murni selama 5 menit untuk menghilangkan aroma essens yang  menyengat, sehingga aroma essen nantinya tak terlalu tajam dan menjadi sebanding dengan aroma hati mentah.

Tips Super Jitu Meracik umpan jitu untuk ikan lele 6: Super Jitu dengan Resiko

  • Tips meracik umpan ikan lele yang ini DIJAMIN SUPER JITU, akan tetapi memiliki resiko yaitu membuat tidak betah tetangga lapak atau mungkin bahkan pemancing sendiri. Jika tips super jitu ini digunakan, maka yakin seyakin-yakinnya anda akan dapat ikan banyak.
  • Gampang-gampang susah untuk mendapatkan bahan dari tips super jitu ini. Bahan yang digunakan adalah embrio atau anak puyuh yang masih didalam telur yang tidak berhasil menetas, atau embrio dalam telur puyuh yang busuk / kopyor/ gagal tetas.  Pakai saja gan, lihat hasilnya!!! Akan tetapi perlu diingat, aroma dari racikan umpan jitu ikan lele ini sangat busuk baunya, sehingga bisa bikin muntah yang tak tahan.

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 7: Racikan umpan berbahan dasar usus kambing

  • Racikan umpan ini juga cukup sederhana, dimana agan tinggal mencari usus kambing. Mengapa tidak usus ayam? Ada beberapa sebab dimana usus kambing lebih jitu digunakan sebagai bahan umpan mancing lele, yaitu: 1) Usus kambing memiliki aroma yang lebih kuat; 2) Usus kambing memiliki aroma yang lebih disukai ikan lele; 3) Usus kambing sangat jarang digunakan, sehingga masih mudah menarik perhatian ikan lele, sedangkan usus ayam sudah sering digunakan, sehingga sudah banyak ikan lele yang jera dengan usus ayam.

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 8: Racikan umpan berbahan dasar Larva Tawon

  • Larva tawon murni tanpa campuran apapun sangat bangus untuk umpan mancing ikan lele di empang atau kolam, baik kolam galatama maupun harian.

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 9: Racikan umpan berbahan dasar belut

  • Belut dapat dijadikan bahan dalam meracik umpan jitu untuk memancing ikan lele di kolam, baik kolam galatama maupun harian. Racikan umpan jitu untuk memancing ikan lele menggunakan belut dilakukan dengan cara belut dikukus setengah matang dengan menggunakan air + daun pandan secukupnya, lebih baik lagi jika menggunakan sereh yang digerus. Gunakan juga garam dan gula pasir sedikit saja jangan banyak-banyak.
  • Cara lain adalah dengan dipepes dalam kondisi potongan potonga kecil. Pepes dicampu dengan minyak zaitun, dicampur dengan essen produk Stella yaitu Essen Vanila bisa juga dengan ditambah  dengan essen lobster atau essen black choya produk Stella. Untuk essen-essen produk Stella anda bisa pesan di sini mas (klik saja).

Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 10: Racikan umpan berbahan dasar Berutu Ayam

Berutu ayam sangat lunak dan lezat, akan tetapi ini lumayan mahal. Jika agan pemancing hendak menggunakannya untuk meracik umpan mancing ikan lele, maka berutu ayam dapat dipanggang setengah matang, sehingga aromanya mengundang nafsu makan ikan lele. Alternatif lain adalah dicampur dengan essen Vanila dari produk Stella sedikit saja, diteteskan tepat setelah berutu ayam dipanggang.

Demikianlah info Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Tips dan Cara Memancing Ikan Kakap.

Kata Kunci :

umpan lomba mancing lele,umpan jitu ikan bawal empang harian,umpan mancing lele lomba,cara meracik essen galatama lele,umpan ikan lele di empang,umpan lele empang,umpan lele di empang,cara meracik umpan lele,umpan ikan lomba lele,umpan lele untuk lomba
Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs