Cara Menjadikan Lagu Berubah Menjadi Lagu Karaoke dengan Aplikasi Audacity

Cara Menjadikan Lagu Berubah Menjadi Lagu Karaoke dengan Aplikasi Audacity – Bacajuga.com kai ini akan berbagi informasi mengenai cara menjadikan lagu berubah menjadi lagu karaoke dengan aplikasi Audacity. Dalam tips kali ini sahabat bias memanfaatkan salah satu software yang bernama Audacity. Modern ini, buat sahabat yang hobi bernyanyi, tentunya karaoke menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi tersebut. Karaoke sendiri tak harus melulu datang ke tempat karaoke, tetapi bisa juga dilakukan di rumah atau di mana saja menggunakan smartphone atau PC computer ataukah laptop milik sahabat.

Cara Menjadikan Lagu Berubah Menjadi Lagu Karaoke

Cara Menjadikan Lagu Berubah Menjadi Lagu Karaoke

Lalu, bagaimana cara membuat lagu favorit sahabat menjadi lagu karaoke? Berikut cara menghilangkan vokal dari penyanyi aslinya pada lagu favorit sahabat untuk karaoke.

1. Langkah Pertama

Pertama download dan install Audacity ke komputer PC/laptop sahabat. Audacity adalah salah satu program pengolah suara gratis terbaik dan dikembangkan secara open source.

Dengan Audacity, sahabat bisa menghilangkan atau menambahkan berbagai efek yang disediakan. Jadi, sahabat dapat menghilangkan vokal suara di lagu favorit sahabat.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur dan kestabilan. Pustaka yang digunakan tidak terlalu banyak dan waktu tunggunya juga tidak terlalu lama. Kekurangan dari aplikasi ini adalah antarmuka penggunanya (user interface) yang sedikit kaku apabila dibandingkan dengan aplikasi sejenis di sistem operasi lain.

Selanjutnya, siapkan lagu favorit sahabat dan pastikan memiliki suara stereo. Suara stereoponik atau yang lebih umum disebut stereo adalah reproduksi dari suara yang menggunakan lebih dari satu saluran suara dan melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris serta bertujuan untuk mendapatkan suara yang natural.

Untungnya, hampir semua musik saat ini adalah stereo. Namun, jika sahabat tidak yakin, coba dengarkan melalui headphone. Jika suaranya terdengar menyebar, dengan suara bercampur di sekitar sahabat, dan hanya suara vokal di tengah, maka musik tersebut adalah stereo. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, sahabat bisa gunakan 128k atau 192k untuk file MP3.

2. Langkah Kedua (Penggunaan Aplikasi Software Audacity)

Sekarang buka software Audacity dan drag and drop musik tersebut ke Audacity. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa ikuti tahapan berikut ini:

1. Klik judul lagu seperti gambar dan pilih Split Stereo Trek.

2. Ini akan membagi track menjadi bagian-bagian yang berbeda. Pilih jalur yang bawah (kanal suara bagian kanan). Sahabat bisa melakukannya dengan klik di bawah judul lagu. Ketika terpilih, kotak luar dari jalur akan menjadi berwarna kuning seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

3. Atur kanal suara bagian kanan. Hilangkan suara bas untuk kanal kedua dari sekitar 100Hz dan yang lebih kecil. Dengarkan lagu, dan sesuaikan frekuensi pemotongan untuk menjaga suara bas gitar, drum, dan instrumen bas lainnya yang berada di bawah frekuensi suara.

4. Caranya pilih Equalization dari menu Effect.

5. Atur Equalizer. Di dekat kiri bawah dari jendela program Equalization, klik tombol Graphic EQ. Geser semua slider (tombol yang dapat digeser) dari 100Hz turun ke 20Hz ke 0. Biarkan menu pop-up tetap pada B-spline, dan gunakan pengaturan Length of Filter untuk menghaluskan kurva. Klik tombol Preview, seharusnya vokal suaranya agak pelan.

6. Ketika sudah selesai, klik OK.

7. Pilih Invert dari menu Effect. Ini akan membalik kanal suara bagian kanan dengan kebalikannya. Untuk yang menyukai bahasa teknis, pilihan ini akan membuat kedua kanal berbeda fase antara satu sama lain. Ketika dua sinyal identik digabungkan secara berbeda fase, maka kedua sinyal akan saling menghilangkan.

8. Dengan memakai menu track, ubah setiap jalur menjadi Mono. Hal ini akan membuat kedua kanal suara digabungkan bersama dan saling menghilangkan seperti yang telah dijelaskan di atas.

9. Dengarkan lagu sahabat, dan jika menurut sahabat suaranya sudah sesuai, lanjutkan dengan mengekspor lagu itu ke format MP3 atau WAV, tergantung kebutuhan sahabat.

Sekarang sahabat dapat mengklik pada File > Export Audio. Ini akan membuka jendela di mana sahabat dapat memilih untuk mengedit metadata track split dan kemudian ekspor track.

Nach demikian share kali ini mengenai info bagaimana Cara Menjadikan Lagu Berubah Menjadi Lagu Karaoke dengan Aplikasi Audacity. Dan semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama bagi sahabat yang memiliki hobi bernyanyi atau karokean.

Cara Menjadikan Lagu Berubah Menjadi Lagu Karaoke dengan Aplikasi Audacity | Admin | 4.5
Leave a Reply