Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil

Monday, February 8th, 2016 - Kesehatan

Cara Menghindari Stress Saat Ibu HamilBacajuga.com kali ini akan share tips tentang bagaimana Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil. Keadaan seorang ibu saat hamil sangat mempengaruhi kestabilan emosi, rasa nyaman dan perasaan relaks sangat mempengaruhi perkembangan bayi. Maka ketika menjalani kehamilan, ibu dituntut tidak hanya harus siap secara fisik, tetapi juga harus siap secara mental.

Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil

Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil

Inilah yang kurang diperhatikan oleh ibu hamil yang umumnya lebih siap menghadapi perubahan fisik namun tidak siap secara mental. Untuk bisa tetap relaksasi dan menghindari stress saat hamil, beberapa tips Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil:

Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil

  1. Sebaiknya sahabat selalu ingat bahwa kehamilan adalah anugerah dari Allah. Bukankah tidak semua wanita diberi kesempatan untuk hamil dan memiliki anak? Bukankah jika sahabat didik dan pelihara dengan baik sesuai aturan syariat merupakan investasi yang kekal dan paling berharga? Keyakinan seperti ini bisa menjadi dasar untuk menjalani kehamilan dengan rileks, nyaman dan bahagia.
  2. Bila masih terasa berat, hindarilah perasaan-perasaan sesal kenapa harus menjalani kehamilan. Tanamkan pada diri sendiri bahwa kehamilan hanya berjalan Sembilan bulan, setelah itu lahir bayi mungil yang sangat dinantikan dan itu adalah hadiah yang tidak ternilai harganya.
  3. Bila muncul ketegangan perasaan, kekakuan pada otot, pegal-pegal, cobalah melakukan relaksasi dengan cara melakukan pengaturan napas. Ambil posisi duduk atau berbaring sambil memejamkan mata. Relaksasikan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari otot kaki, leher, pinggang, punggung, leher, dan wajah. Bernapaslah lewat hidung, tarik dan hembuskan perlahan. Ulangi selama 10 sampai 20 menit atau sampai sahabat merasa nyaman. Biarkan otot pundak dan leher sahabat rileks, lalu keluarkan napas perlahan-lahan dan tenang.
  4. Faktor penting untuk mendukung relaksasi ibu hamil adalah keterlibatan emosi dari pihak suami. Mintalah suami untuk lebih peduli, lebih perhatian, lebih empati ketika istri sedang menjalani kehamilan. Dukungan suami merupakan hal yang sangat vital untuk kesejahteraan janin pada akhirnya.

Perubahan secara fisik pada ibu hamil memang mudah ditebak dan pada umumnya terjadi pada ibu yang sedang mengalami kehamilan, seperti perubahan bentuk tubuh yang makin membesar, munculnya garis-garis hitam di perut dan kulit muka yang mengelupas. Sedangkan perubahan mental pada ibu hamil sangat sulit ditebak dan tidak selalu sama terjadinya pada setiap ibu hamil atau pada setiap kehamilan.

Baca juga:

Nach demikian share kali ini dari Bacajuga.com mengenai bagaimana Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil, semoga berkah dan bermanfaat.

Cara Menghindari Stress Saat Ibu Hamil | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs