Cari Tahu Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Wednesday, March 9th, 2016 - Gadget, Teknologi

Cara Mengetik Cepat di SmartphoneBacaJuga.com kali ini akan berbagi tips tentang bagaimana Cara Mengetik Cepat di Smartphone. Ada kalanya kemampuan mengetik cepat di smartphone itu sangat dibutuhkan oleh sahabat. Salah satu contohnya bisa digunakan saat ada kompetisi live tweet. Agar berpeluang besar untuk menang, kecepatan mengetik itu mutlak diperlukan untuk tetap bisa mengikuti setiap topik dengan detail.

Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Faktanya mengetik di smartphone memang tidak bisa lebih cepat dibanding mengetik dengan keyboard PC atau laptop yang bisa menggunakan 10 jari tangan. Sementara di smartphone paling menggunakan dua jempol, sehingga jelas lebih lambat kan.

Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Jadi sahabat jangan khawatir, karena berikut ini kami akan share bagaimana Cara Mengetik Cepat di Smartphone yang sahabat gunakan:

1) Pilihlah Keyboard yang Sesuai

Buat sahabat pemakai smartphone Android, tiap model smartphone dari produsen yang berbeda pasti dibekali keyboard bawaan yang berbeda-beda pula. Secara default ada yang memanfaatkan Google Keyboard, Swiftkey, Swype atau Fleksy.

Biar sahabat gak penasaran, lebih baik sahabat mencoba aplikasi keyboard itu satu per satu dan gunakan minimal dalam sehari. Setiap aplikasi keyboard punya kelebihan dan kekurangan, jadi pilih yang paling sesuai dan yang paling nyaman digunakan menurut sahabat.

2) Manfaatkan Secara Penuh Fitur Koreksi Otomatis dan Prediksi Kata

Setelah memantapkan pilihan, sahabat bisa mulai dengan melakukan personalisasi, seperti mengganti tema. Selanjutnya untuk meningkatkan kecepatan mengetik sahabat harus mengotak-atik pengaturan keyboard untuk menemukan fitur-fitur unggulan yang tersembunyi. Seperti koreksi otomatis dan prediksi kata yang wajib sahabat manfaatkan secara maksimal.

Koreksi otomatis akan menampilkan setiap kata yang sering kita gunakan, kata yang mirip, mendekati kata yang sedang sahabat ketik, dan memperbaiki kata yang salah ketik atau typo. Sedangkan prediksi otomatis sangat berguna, karena cukup mengetik dua huruf saja, maka huruf berikutnya atau kata yang dimaksud sudah tersedia. Sahabat harus membiasakan dua fitur tersebut untuk meningkatkan kemampuan mengetik di smartphone.

3) Unduh Bahasa di Menu Pengaturan Keyboard

Agar bisa secara penuh memanfaatkan fitur koreksi otomatis dan prediksi kata, sahabat harus unduh bahasa di menu pengaturan keyboard. Bahasa yang digunakan tidak perlu banyak-banyak, cukup dua bahasa saja, yaitu Indonesia dan Inggris.

4) Gunakan Input Flow dan Voice Typing – Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Input Flow juga wajib sahabat kuasai, cara kerjanya menyenangkan. Sahabat tinggal geser dari huruf ke huruf untuk mengetikkan kata, memang awalnya agak susah, tapi kalau sudah terbiasa akan bisa.

Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Jika jari-jari sahabat capek, sahabat bisa mengetik dengan suara. Fitur ini sudah tertanam dalam smartphone saat ini, berbicara akan lebih cepat dibandingkan dengan mengetik bukan? Sayangnya sahabat masih perlu memperhatikan hasilnya, karena terkadang akurasinya masih kurang. Fitur voice typing ini biasanya ditandai dengan logo microphone, sahabat tinggal sentuh dan berbicara.

5) Gunakan Dua Jempol

Dulu ukuran smartphone masih mini dengan rentang layar 3-4 inci, masih memungkinkan untuk mengetik dengan satu tangan. Seiring perkembangannya, layar smartphone semakin besar 5-6 inci, sehingga tidak mungkin sahabat bisa mengetik cepat dengan satu tangan. Karena itu, lebih optimal jika sahabat menggunakan dua jari jempol.

6) Gunakan Kamus – Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Kamus yang dimaksud di sini adalah sebuah shortcut kata, seperti kata umum yang berulang atau sering sahabat gunakan. Contohnya ketik ‘yg’, otomatis yang muncul kata ‘yang’. Bisa juga untuk mengetik dengan cepat alamat email atau alamat rumah. Dengan menyetel shortcut tentunya membuat pengetikan lebih mudah dan cepat bukan?

7) Cadangkan dan Sinkron

Cara Mengetik Cepat di Smartphone

Semakin lama kita gunakan, keyboard akan semakin pintar karena mempelajari kata-kata yang sering kita ketik. Nah jangan lupa backup dan sinkronisasi dengan masuk ke akun Google sahabat. Jadi, ketika sahabat ganti perangkat pun sahabat akan langsung terbiasa, karena sudah terbiasa mengetik pun bisa lebih cepat.

Baca juga:

Nach demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Mengetik Cepat di Smartphone, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dan natikan share tentang smartphone hanya di BacaJuga.com.

Cari Tahu Cara Mengetik Cepat di Smartphone | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs