Cara Memilih Mata Pancing untuk Memancing yang Tepat

Cara Memilih Mata Pancing untuk Memancing – Sahabat BacaJuga.com, kali ini kami akan berbagi tips tetang bagaimana sebenarnya Cara Memilih Mata Pancing untuk Memancing yang baik dan benar. Memancing merupakan salah satu rutinitas yang pastinya tujuan utamanya tergantung dari masing-masing orang, baik hanya sekedar hobby, ataukah memang merupakan aktifitas yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewani (untuk dikonsumsi hasil pancingan). Namun untuk keberhasilan dalam memancing, perlu melakukan persiapan yang matang. Dan salah satunya adalah sahabat perlu mengetahui cara memilih mata pancing untuk memancing atau yang biasa disebut dengan kail pancingan sebagai tempat melekatkan umpan.

Mata Pancing untuk Memancing

Cara Memilih Mata Pancing untuk Memancing

Mungkin sahabat bertanya, mengapa perlu mengetahui cara memilih kail atau mata pancing yang benar?. Karena tidak sedikit orang yang memancing pernah mengalami kegagalan saat mendapatkan ikan yang memakan umpan dan kemudian lepas lagi dari kail. Salah satu faktor penyebab hal tersebut terjadi yakni pemilihan mata pancing atau kail yang belum tepat dan sesuai dengan jenis ikan serta cara ikan memakan umpan. Namun sahabat tidak perlu khawatir, berikut cara memilih mata pancing untuk memancing:

1. Mata Pancing untuk Jenis Ikan Penyambar Umpan

Bagi ikan jenis ini pemancing dianjurkan untuk menggunakan mata kail dari jenis Tuna Hook atau Big game Hook, dimana mata kail menegak lurus kepangkal. Ini disebabkan apabila ikan tersebut menyambar umpan, mata kail akan terus mengait pada ikan tersebut. Selain itu jenis mata kail ini juga mempunyai daya ketahanan yang kuat dan tidak akan melurus ketika hentakan. Beberapa keterangan menyimpulkan apabila ikan menyambar umpan, kekuatan hentakan berkisar 10 kali berat badan ikan tersebut. Misalnya, jika berat badan ikan 10 kg maka berat hentakan kurang lebih menjadi 100 kg. Jadi bayangkan apabila mata kail itu tidak kuat, pastinya mata kail akan terlepas dari ikan.

2. Mata Pancing untuk Tipe Ikan Ragut

Umumnya jenis ikan yang memakan umpan dengan cara seperti ini , ikan tersebut akan diam ketika sedang memakan umpan. Ini terjadi apabila kita memancing dengan teknik dasar (bottom fishing) atau teknik drift (drift fishing). Umpan yang sering digunakan adalah umpan mati dan ikan yang memakan dengan cara ini diantaranya ikan merah, pari serta beberapa jenis ikan lainnya.

Baca juga : Umpan Memancing Ikan Bawal Paling Bagus

Sedangkan untuk pemakaian mata kail, sangat dianjurkan untuk menggunakan mata kail yang mempunyai mata membengkok (circle hook). Circle hook merupakan sejenis kail yang diciptakan khusus untuk mengait ikan ketika umpan dimakan hanya pada mulutnya. Dalam penggunannya sewaktu memancing dianjurkan agar kita tidak menyentaknya sewaktu umpan dimakan. Kelebihan penggunaan mata kail ini adalah tidak melukai ikan sewaktu terjerat kail, karena biasanya ikan hanya terkait di bibirnya saja. Hal itu menyebabkan kita tidak akan membuat cedera pada ikan ketika ikan tersebut akan kita lepas.

3. Untuk Tipe Memagut (Nibblers)

Cara memakan umpan seperti ini umumnya dilakukan oleh gelama, duri dan anak-anak ikan yang berukuran kecil. Ikan akan memakan umpan ini tanpa banyak pergerak dalam kondisi umpan diam atau bergerak. Disarankan penggunaan mata kail yang lurus atau mencuat kedepan adalah pilahan yang tepat untuk ikan yang memakan umpan dengan cara ini, selain itu ukuran mata kail jangan terlalu besar. Mengenai hentakan, kita diharuskan untuk menyentaknya secara cepat ketika ada tanda-tanda umpan sedang dimakan.

4. Mata Pancing untuk Tipe Ikan Penghisap (Sucking)

Selain ketiga cara diatas, ada pula jenis ikan yang memakan umpan dengan cara menghisap. Umumnya ikan yang memakan umpan dengan cara ini mempunyai gigi yang tajam, yang bertujuan memotong umpan ketika umpan telah berada di dalam mulut. Jenis-jenis ikan yang memakan dengan cara ini diantaranya, kerapu, gongbelag, dan beberapa ikan lain yang sejenis. Penggunaan mata pancing yang dianjurkan untuk ikan yang memakan umpan dengan cara seperti ini yakni dengan kail yang mempunya mata yang tangkal dan panjang.

Baca juga : Teknik Rahasia Memancing Ikan Mas

Nach itulah tips mengenai Cara Memilih Mata Pancing untuk Memancing yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua yang nantinya dapat menjadi penunjang keberhasilan memancing sahabat. Yap, salam mata pancing dari BacaJuga.com dan mari bersama tetap dalam menjaga kelestarian ikan di lingkungan kita masing-masing. [bj]

Cara Memilih Mata Pancing untuk Memancing yang Tepat | Admin | 4.5
Leave a Reply