Biografi Soeharto

Wednesday, January 7th, 2015 - Biografi
Biografi SoehartoBiografi kali ini adalah Biografi Soeharto, sebelumnya kita sudah melihat Biografi Ir Soekarno. Sekarang kita akan menambah wawasan pengetahuan tentang Biografi Soeharto. Berikut Biografi Soeharto secara lengkap.

Biografi Soeharto

Biografi Soeharto

Soeharto

Nama Lain : Soeharto

Tempat Lahir : Kemusuk, Yogyakarta, Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 8 Juni 1921

Zodiac : Gemini

Meninggal : Jakarta, Indonesia – 27 Januari 2008 

Kebangsaan : Indonesia

Partai politik : Golkar

Istri : Tien Soeharto

Anak : Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto (Sigit), Bambang Trihatmodjo (Bambang), Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek)
Profesi : Tentara, Politikus
Agama : Islam

Biografi Lengkap Soeharto  

Membahas Profil dan Biografi Soeharto memang sangat menarik, orang yang pernah menjadi Presiden Republik Indonesia ini mengundang rasa penasaran yang lebih. Soeharto satu-satunya presiden yang masa jabatannya paling lama yaitu kurang lebih sekitar 32 tahun. Dengan sebutan “Bapak Pembangunan”, sosok Soeharto sukses membawa Indonesia menjadi negara yang berkembang di sektor pertanian. Beliau lahir di Yogyakarta, tepatnya di Kemusuk pada tanggal 8 Juni 1921. Beliau lahir dari seorang ibu yang bernama Sukirah dan ayah bernama Kertosudiro. Ayahnya berprofesi sebagai seorang petani yang juga menjadi pembantu lurah untuk pengairan sawah.

Biografi Soeharto pada masa militer

Saat SD, Soeharto seringkali pindah sekolah lantaran keluarganya juga pindah rumah. Kemudian akhirnya ia dititipkan oleh ayahnya kepada adik perempuan ayahnya di Wuryantoro. Profil dan Biografi Soeharto memang sangat menarik, kemudian pada tahun 1941 beliau terpilih menjadi prajurit teladan. Kemudian pada tahun 1945 tepatnya pada tanggal 5 Oktober setelah Indonesia merdeka, Soeharto resmi menjadi anggota TNI. Beliau memang bercita-cita menjadi tentara sejak kecil. Kemudian pada 27 Desember 1947 Soeharto menikahi anak seorang Mangkunegaran, Siti Hartinah yang akrab dipanggil dengan Ibu Tien.
 
Masih banyak lagi hal yang dapat dibahas dari Profil dan Biografi Soeharto. Banyak hal dan peristiwa yang telah beliau lewati untuk memperjuangkan kehidupan bangsa Indonesia. Bagi rakyat kecil yang awam akan dunia politik, jika ditanya kehidupan pada zaman Soeharto lebih enak maka akan lebih mudah untuk mengangguk. Tetapi, terlepas dari semua kasus politik yang pernah membelenggu presiden kedua Republik Indonesia ini, banyak jasa-jasanya yang sangat besar untuk Indonesia. Keamanan serta kestabilan negara lebih terjamin pada masa pemerintahannya, walau tidak jarang terjadi kegagalan seperti kecemburuan Papua.
 
Soeharto, sosok presiden yang penuh dengan kontroversi ini memang menyimpan berjuta pertanyaan, banyak mengundang rasa penasaran. Banyak yang mendukung beliau sebagai sosok “Bapak Pembangunan”, tidak jarang juga ada yang mencela beliau sebagai pemerintah yang berlumuran darah karena pembantaian yang dilakukan pada masa peralihan dari Orde lama ke masa Orde baru. Sekian mengenai Profil dan Biografi Soeharto yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua dan dapat dijadikan pelajaran menarik mengenai sejarah bangsa. 

Biografi Pendidika Soeharto

  • SD Pedes Yogyakarta
  • SMP Muhammadiyah di Yogyakarta
  • Sekolah militer di Gombong

Biografi Karir Soeharto

  • Anggota TNI
  • Komandan Brigade Garuda Mataram
  • Komandan Resimen Infenteri 15 dengan pangkat letnan kolonel
  • Panglima Korps Tentara I Caduad (Cadangan Umum AD)
  • Panglima Komando Mandala Pembebasan Irian Barat
  • Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad)
  • Panglima Kopkamtib
  • Mayor Jendral
  • Presiden Kedua RI
Biografi Penghargaan Soeharto
  • Bapak Pembangunan Nasional
  • Bintang Maha karya G0tong Royong dari Ormas Musyawarah Kekeluargaan G0tong Royong
  • UN Population Award oleh PBB
Biografi 9 Fakta Unik Soeharto
  • Pada kancah internasional, utamanya di Barat, Soeharto sering disebut dengan sebutan populer “The Smiling General” atau “Sang Jenderal yang Tersenyum”. Ini disebabkan raut mukanya yang selalu tersenyum saat berada didepan pers pada setiap acara resmi sebuah Negara.
  • Soeharto adalah orang Indonesia terlama dalam menjabat sebagai presiden yaitu selama 31 tahun dari tahun 1967 hingga tahun 1998.
  • Rezim kepresidenan Soeharto dianggap sebagai rezim terkorup sepanjang masa dengan jumlah korupsi $USD 15 miliar hingga $USD 35 miliar
  • Soeharto sukses membawa nama Indonesia menjadi pengimpor beras terbesar di dunia menjadi swasembada. Soeharto memberikan bantuan sebanyak satu juta ton padi kering (gabah) dari para petani di Indonesia untuk disalurkan ke rakyat Afrika yang saat itu mengalami krisis kelaparan. Olehnya itu, FAO menghargai keberhasilan tersebut dengan memberikan penghargaan khusus kepada Soeharto yang berbentuk medali emas pada tanggal 21 Juli 1986. 
  • Soeharto dianugerahi penghargaan UN Population Award, yang mana penghargaan tersebut adalah penghargaan tertinggi PBB pada bidang kependudukan karena Soeharto berhasil melaksanakan program KB (Keluarga Berencana). Penghargaan tersebut diumumkan secara langsung bertepatan dengan tanggal ulang tahun Soeharto yang ke-68 pada tanggal 8 Juni 1989 oleh SekJen PBB, Javier de Cueller di New York.
  • Soeharto dinilai memulai memberikan penekanan terhadap suku Tionghoa, yang mana melarang menggunakan tulisan Tionghoa tertulis di berbagai material tertulis, serta menutup organisasi Tionghoa karena tuduhan simpati mereka kepada kaum k0munis. Meskipun seperti itu, Soeharto masih tetap bersahabat dengan akrab Lee Kuan Yew yang mana beliau pernah menjabat Perdana Menteri Singapura yang beretnis Tionghoa.
  • Meskipun Soeharto sempat menyatakan diri untuk tidak dicalonkan kembali sebagai Presiden periode 1998-2003 pada acara Golongan Karya, Soeharto tetap memastikan dirinya agar terpilih kembali oleh parlemen untuk ke-7 kalinya di tahun 1998. 
  • Menurut Transparency International, Soeharto menggelapkan dana atau melakukan korupsi dengan jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan pemimpin dunia lain dalam sejarah dengan perkiraan korupsi sebanyak 15–35 Miliar dolar A.S. selama masa pemerintahannya.
  • Sistem otoriter yang dianut oleh Soeharto pada masa pemerintahannya membuatnya populer dengan sebutan “Bapak”, yang pada jangka panjangnya menyebabkan pengambilan keputusan-keputusan di DPR kala itu disebut secara konotatif oleh masyarakat Indonesia sebagai sistem “ABS” atau “Asal Bapak Senang”.

Demikianlah Biografi Soeharto yang bisa kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Biografi Soeharto | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs