Betulkah Ibu Hamil yang Malas Sulit Melahirkan?

Monday, August 25th, 2014 - Kesehatan

Tahukah anda bahwa selama kehamilan seringkali ibu hamil mengeluhkan keluhan fisik dan psikis yang dapat menyebabkannya masalah ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Banyak ibu hamil yang malas untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang diakibatkan oleh keluhan yang timbul selama kehamilan tersebut. Sebutnya keluhan kehamilan yang diakibatkan karena pegal-pegal dan sakit sehingga mengakibatkan ibu harus bed rest.

Kebiasaan ibu bed rest memang tidak menjadi masalah ketika anda dapat meluangkan waktu untuk tetap beraktivitas. Beberapa ibu hamil seringnya keasyikan bed rest sehingga mengakibatkan malas untuk bergerak, taukah anda bahwa ada anggapan ibu hamil yang malas beraktivitas dapat menyebabkan masalah ketika menjelang persalinan, salah satu diantaranya adalah sulit melahirkan. Benarkah ibu hamil yang malas bergerak akan menyebabkan sulit melahirkan?

Ibu hamil diharuskan memiliki aktivitas yang terjadwal, tidak saja sibuk bekerja yang menyebabkannya mengalami masalah dengan psikis akan tetapi sebaiknya ibu hamil dapat meluangkan waktu untuk beristirahat akan tetapi bagi ibu hamil yang seringkali malas-malasan di khawatirkan akan kesulitan ketika melahirkan.

Masing-masing ibu hamil seringkali mengalami kondisi tubuh yang berbeda beda yang menyebabkan berbagai masalah timbul. Ketika hamil umumnya anda dapat melakukan aktivitas akan tetapi dalam waktu yang terbatas. Perlu anda ketahui kehamilan yang terlalu berat dengan aktivitas sehari-hari akan menyebabkan keluhan bagi ibu hamil bahkan pada kondisi tertentu akan mengalami kehamilan bermasalah.

Dengan demikian penting bagi ibu hamil untuk tetap menjaga waktu istirahat. Jadwal istirahat dan bekerja kegiatan sehari-haris harus anda lakukan secara disiplin. Ibu hamil yang seringkali malas beraktivitas akan menyebabkan kenaikan berat badan yang dapat menyebabkan dampak yang negatif pada kehamilan.

Apabila anda ingin mengalami proses persalinan yang mudah maka sebaiknya anda selalu meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan olahraga yang menuntut anda bergerak. Tentu saja olahraga yang aman bagi ibu hamil. Senam bagi ibu hamil, yoga atau jalan santai sangat disarankan untuk ibu hamil. Menurut penelitian yang dilakukan ibu hamil yang aktif bergerak termasuk di dalamnya berolahraga sesuai dengan usia kehamilan dan kondisi ibu hamil maka akan  melewati proses persalinan kurang dari 3 jam. Hal ini berbanding terbalik dengan ibu hamil yang bermalas-malasan yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam melahirkan.

Selain dapat membantu dalam proses persalinan ibu hamil yang aktif bergerak akan tetap dapat menjaga stamina menjadi lebih prima. Keluhan kehamilan yang seringkali menjadi penghambat ketika ibu hamil sedang mengandung akan berkurang. Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan yoga atau beberapa pergerakan yang membantu anda dalam menjaga stamina. Disarankan bagi ibu hamil untuk menjaga tubuh berada dalam keadaan tegak sehingga dapat tetap menjaga gravitasi  sehingga baik dalam menjaga kandungan.

Sehingga bagi ibu hamil yang bermalas-malasan atau dengan kata lain malas dalam melakukan aktivitas sebaiknya anda dapat menjaga tubuh dengan tetap berolahraga dua hingga tiga kali dalam satu pekan. Luangkan waktu 10-15 menit untuk melakukan olahraga sehingga dapat membantu anda dalam proses persalinan yang lancar. Hal ini baik bagi anda ketimbang anda bermalas-malasan untuk menghabiskan waktu yang lama di tempat tidur atau bersandar di sofa. Hal yang terbaik bagi anda adalah untuk menjadwalkan waktu beristirahat , berolahraga dan ketika anda sedang bekerja.

Sumber : http://bidanku.com/betulkah-ibu-hamil-yang-malas-sulit-melahirkan

Kata Kunci :

perut wanita hamil melahirkan
Betulkah Ibu Hamil yang Malas Sulit Melahirkan? | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs