Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan

Sunday, November 1st, 2015 - Hobi, Memancing

Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Cara Meracik Umpan Jitu Ikan Lele di Kolam Pancingan atau Empang.

Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan

Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan

Memancing ikan artinya adalah melakukan suatu kegiatan yang tujuannya adalah untuk menangkap ikan. Banyak orang yang berpendapat bila kegiatan ini merupakan media yang bagus untuk melatih kesabaran dan mampu memunculkan keasyikan tersendiri. Namun ada pula yang melakukannya dengan alasan hobi, olahraga dan berwisata.

Kegiatan memancing juga dapat dimanfaatkan sebagai acara rekreasi keluarga. Ayah bersama anggota keluarga lainnya pergi ke suatu tempat, semisal pantai atau sungai untuk memancing dan menangkap ikan. Bagi keluarga yang memiliki bapak hobi memancing, pasti mereka pernah mengalami masa kenangan memancing dengan segenap anggota keluarga.

Berwisata dengan model memancing merupakan aktivitas berlibur yang murah dan sangat mengasyikkan. Bahkan ada beberapa keluarga yang telah membuat jadwal memancing bersama dalam setahun. Jadwal tersebut memungkinkan memancing dapat diatur dan direncanakan dengan matang, tanpa harus bentrok dengan acara keluarga penting lainnya.

Asyiknya Memancing Ikan

Memancing ikan dan berwisata? Mungkin Anda akan menjadi bingung dengan pernyataan ini. Namun memang demikianlah fakta dan keadaanya. Bagi penggemar beratnya, kegiatan memancing ikan memang bisa dilakukan sambil melakukan perjalanan wisata. Mereka akan menjelajahi berbagai tempat dan wilayah untuk memuaskan kegiatan, yang dianggap sangat menyenangkan sekaligus mengasyikan itu.

Sambil menyalurkan hobinya tersebut, mereka juga menikmati indahnya alam dan obyek menarik lainnya di tempat mereka memancing ikan. Nah, itu juga merupakan kegiatan wisata bukan? Siapa yang tidak setuju dengan pernyataan ini? Bahkan di beberapa daerah, pemerintah setempat menjadikan kegiatan yang kebanyakan disukai oleh kaum laki-laki ini, sebagai wahana wisata andalannya.

Kata memancing mungkin sudah melekat kepada kaum pria, dirintis dari awal mula sejarahnya memancing adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan kaum pria. Dari hasil memancing tersebut akan diperoleh keuntungan materi, semisal makanan untuk keluarga ataupun nilai materi bila ditukarkan dengan barang lain. Sehingga pekerjaan memancing ikan bisa disebut juga menangkap ikan milik kaum lelaki.

Namun pergeseran memancing dari sebuah kegiatan ekonomi keluarga menjadi aktivitas hobi dan wisata. Tidak sedikit dijumpai ternyata banyak juga kaum hawa yang sangat menikmati memancing. Mereka sangat senang memancing di tempat yang ramai ataupun sunyi tergantung kondisi pikiran dan hati. Memancing bukan hanya milik pria namun para wanita juga mau enjoy di kegiatan refreshing ini, tentu juga dengan resiko yang dihadapi.

Umumnya kaum wanita akan jijik dan enggan memegang cacing, jangkrik, ataupun belalang. Padahal hewan-hewan tersebut merupakan umpan memancing yang sangat bagus. Tentu memancing tidak dibatasi pada umpan yang didapat dari menangkap sebuah hewan. Sekarang sudah dapat dijumpai berbagai macam umpan pancing yang cocok untuk kalangan yang ogah memegang cacing dan hewan sejenisya.

Peralatan Memancing

Bagi yang baru saja menyenangi hobi memancing ikan, perlu mengetahui tentang seluk beluk dunia perpancingan. Salah satunya adalah harus bisa tahu dan paham jenis-jenis peralatan memancing dan gunanya. Akan menggelikan, bila mau memancing namun tidak mengerti apa peralatan yang diperlukan dan harus dibawa.

Nah, bagi yang belum paham dan mengerti benar tentang alat-alat yang digunakan untuk memancing ikan bisa mengenalnya pada penjelasan di bawah ini.

1.  Joran

Benda ini merupakan alat yang mutlak harus ada ketika Anda ingin memancing ikan. Fungsinya untuk melempar alat pancingan kedalam air. Benda ini terdiri dari beberapa bagian.

  • Pegangan, yaitu alat untuk pegangan tangan serta reel.
  • Badan, untuk menentukan ukuran lenturan joran.
  • Ring, bentuknya persis dengan huruf “O” , bundar. Gunanya adalah sebagai tumpuan benang mulai dari reel sampai pada mata kail.

2.  Reel

Ini adalah alat manual gulung benang yang terdiri dari :

  • Pemutar, untuk menggulung benang.  Letaknya bisa pasang sebelah kiri atau kanan,  tergantung keinginan yang memakai.
  • Kunci, untuk mengunci benang agar tidak mudah lepas. Letaknya ada di sebelah belakang atau bawah reel.
  • Kawat pembuka, digunakan untuk merapikan benang yang tergulung dan mengeluarkannya sewaktu melempar alat pancing.

3.  Benang

Alat yang mutlak harus ada. Waktu membeli pilihlah yang lentur namun kuat dan yang kandungan lilinnya tidak banyak. Sewaktu dipakai bisa langsung masuk ke air.

Memilih benang untuk pancing harus memperhatikan lokasi yang akan dituju. Sebab jenis dari benang pancing sangat bervarian yang berbeda karakteristik satu dengan lainnya. Memancing di laut tentu kita membutuhkan benang pancing yang lebih kuat dan tebal dibandingkan memancing di sungai atau kolam. Ombak di laut yang besar serta jenis ikan yang besar mengharuskan pemancing membeli benang pancing khusus di laut.

Berbeda dengan benang pancing yang dipakai di sungai dan kolam, tidak perlu membeli dengan ukuran besar. Sebab akan menakuti ikan yang akan dipancing. Sebaiknya memilih benang dengan ukuran kecil dan mudah untuk tenggelam. Banyak pemancing yang telah paham betul tentang teknik memilih benang yang baik, belajarlah kepada mereka.

4.  Pelampung

Alat yang satu ini ukurannya kecil dan bentuk desainnya banyak. Gunanya adalah sebagai tanda jika umpan  dimakan oleh ikan. Waktu membeli selalu pilih yang mencolok warnanya, sehingga gampang dilihat terutama ketika malam atau di tempat yang gelap.

5.  Stopper pelampung

Terbuat dari bahan karet dan diletakan pada benang. Benda ini ada dua jenisnya. Stopeer atas untuk mengetahui dalamnya air serta stopeer bawah yang berfungsi sebagai ganjalan pelampung supaya tidak terlalu dibawah.

6.  Mata kail

Alat ini juga punya peran yang tidak bisa diremehkan. Tanpa adanya alat ini tidak mungkin ikan bisa ditangkap atau dipancing. Untuk yang baru pertama kali kenal dengan kegiatan memancing ikan, agar selalu hati-hati sebab jika tidak waspada ketika memasang umpan, mata kail ini bisa mengenai tangan dan membuat luka.

Sebenarnya memancing hanya membutuhkan benang, kail, dan umpan saja. Alat lainnya Cuma sebagai pelengkap yang akan membuat aktivitas memancing lebih mudah dan mengasyikkan. Mata kail juga harus disesuaikan dengan jenis ikan yang akan dipancing. Ikan ukuran kecil tidak akan dapat dipancing menggunakan mata kail yang terlalu besar. Gampangnya pilihlah yang proporsional dengan mulut ikan yang menjadi target.

Untuk menghubungkan mata kail dengan benang harus memakai simpul tertentu, agar kail tidak mudah terlepas saat ikan mulai memakan umpan dan terjebak dengan kail. Simpul pengikat yang tidak pas akan merugikan pemancing, semisal kehilangan ikan pancingan. Dan parahnya lagi kail terlepas saat dilemparkan ke air.

7.  Umpan

Biasanya berbentuk makanan, sehingga ikan akan suka. Gunanya untuk menarik perhatian dari ikan, karena ada makanan ikan akan menghampiri umpan dan memakannya. Selanjutnya mulut ikan akan tersangkut pada mata kail. Maka tertangkaplah ikan tersebut.

Nah, sekarang Anda sudah tahu peralatan apa saja yang dibutuhkan dan perlu disiapkan bila ingin berangkat memancing ikan. Jadi tidak akan bingung ketika sudah sampai di lokasi pemancingan. Jangan lupa lihat juga info Cara Memancing Ikan Nila.

Kata Kunci :

15 item alat memancing dalam bahasa inggris,bahasa inggrisnya mancing ikan,bahasa laen pancingan,berkenalan panjang jejer pancing,gambar lukah peralatan mancing,langkah langkah memancing dalam bahasa inggris,nama alat alat memancing ikan dalam bahasa inggris,nama alat pancing yang di perlukan malam gari,pancing dalam bahasa inggris,peralatan untuk memancing dalam bahasa inggris
Berkenalan dengan Alat-alat Memancing Ikan | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs